Wakil Ketua DPRD Kalteng Kunjungi BRIN

PALANGKARAYA – Keberadaan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) baik ditingkat provinsi, kabupaten, kota tentunya mendapat dukungan dari kalangan legislatif Kalteng.

Sebagai Wujud dukungan tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Faridawaty Darland Atjeh, SE., MM beserta anggota DPRD Kalteng, Hj. Sri Neni Trianawati, SE., MAP dan Andayani, SE melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“tujuan Kunkir kali ini tentunya dalam rangka menggali peran lembaga legislatif dalam memberi dukungan bagi pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA),” kata Faridawaty, Jumat (18/8/2023) di Jakarta

Tidak lupa pula, lanjut Ketua DPW Partai Nasdem Kalteng Ini juga mendukung  program-program BRIDA dalam pengembangan Sumber Daya Manusian (SDM) Indonesia di daerah yang berkaitan dengan lembaga pendidikan.

BRIDA merupakan salah satu amanat dari UU 11/2019 tentang Sistem Nasional Iptek. BRIDA merupakan mitra di daerah yang memiliki arti penting untuk membantu penguatan pengambilan kebijakan berbasis riset.

Serta penguatan ekosistem riset dan inovasi bisa terjadi di seluruh level pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta masyarakat luas.

BRIDA mempunyai tugas strategis yakni memberikan berbagai data dan analisis yang diperlukan dalam menghasilkan sebuah kebijakan, agar seluruh kebijakan di daerah yang ada berbasis hasil riset yang komprehensif (science based policy).

Pihak BRIN berharap DPRD dapat memberikan dukungan mulai dari secepatnya mengesahkan Peraturan Daerah terkait Organisasi dan Tata Kelola (OTK) BRIDA, lalu juga nantinya diharapkan memberikan dukungan dan advokasi untuk alokasi anggaran kepada BRIDA saat sudah menjadi OPD sendiri.

DPRD juga diharapkan dapat menjadi penghubung antara BRIDA dengan mitra-mitra riset potensial lainnya seperti Universitas dan Pemerintah Pusat.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: