Petani Dapil III Seruyan Butuh Alsintan

BERITAKALTENG.com – KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika sektor pertanian yang ada di daerah pemilihan (Dapil) III meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun terkendala dari keterbatasan alan mesin pertanian (alsintan).

Anggota DPRD Seruyan Nardi mengatakan, bahwa selain teknis penanaman dan pembinaan kepada para petani, ketersediaan alsintan menjadi salah satu hak yang dikeluhkan masyarakat. “Memang untuk alsintan kita sangat memberlukan,” katanya, Kamis 15 Juni 2023.

Maka dari itulah, dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Karena menurutnya, akan sangat tidak memungkinkan apabila masyarakat di wilayah setempat menyewa alsintan yang ada di DKPP untuk kemudian dibawa ke Dapil III.

“Karena sebenarnya kalau kita lihat alsintan di DKPP itukan banyak saja. Tapi kemarin setelah kami cek, ternyata sistemnya sewa. Dan kalau kita misalnya sewa satu atau dua unit tapi harus diangkut ke sana, itukan tidak memungkinkan,” ujarnya.

Dan seandainya masyarakat petani Dapil III diberikan kemudahan atau setiap kelompok tani (poktan) bisa dibantu untuk alsintan, maka hal itu akan sangat membantu. “Misalnya setiap kelompok itu dibantu satu alsintan,” tambahnya.

Padahal menurutnya, lahan-lahan pertanian di Dapil III khususnya untuk wilayah Kecamatan Seruyan Tengah, Kecamatan Suling Tambun dan Desa Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu masih sangat siap. “Kalau untuk Kecamatan Batu Ampar memang lahan sudah cukup terbatas,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: