Sebanyak Lima Parpol Serahkan Berkas Bacaleg ke KPU Barsel

Sebanyak Lima Parpol Serahkan Berkas
Bacaleg ke KPU Barsel

BUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, menyatakan sebanyak lima partai politik sudah mengajukan berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin Sabtu 13 Mei 2023 menyampaikan, hingga hari ke-12 tercatat lima partai politik (parpol) tingkat kabupaten setempat yang sudah menyampaikan pengajuan berkas bacaleg.

“Pada 11 Mei 2023, ada tiga parpol yang mengajukan yakni PDIP, Nasdem dan Demokrat, sedangkan pada 12 Mei 2023 ada dua parpol yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN),” katanya.

Dikatakannya, lima partai politik yang sudah menyampaikan pengajuan bakal calon ini, dokumennya dinyatakan diterima dengan status lengkap, benar dan bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Menurut dia, menjelang dua hari sebelum masa penutupan pengajuan bacaleg, masih ada 13 partai politik yang dalam dua hari ke depan akan menyampaikan pengajuan bacaleg ke KPU Barito Selatan.

“Kita terus mendorong rekan-rakan partai politik agar dalam pengajuan dokumen bacaleg nantinya dalam keadaan lengkap dan diterima, sehingga tidak ada dokumen yang dikembalikan atau tidak diterima sampai batas akhir pengajuan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu parpol yang telah mengajukan adalah PAN. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Barito Selatan, optimis menambah perolehan kursi wakil rakyat di DPRD Barito Selatan.

“Itu merupakan target kita pada pemilu 2024 mendatang, dan bahkan kita mengincar kursi unsur pimpinan DPRD,” kata Ketua DPD Partai Amanat Nasional Barito Selatan, Ideham.

Dikatakannya, target tersebut realistis, karena bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang didaftarkan merupakan bacaleg yang berpotensi khususnya pada daerah pemilihan (dapil) yang sebelumnya tidak mendapatkan kursi DPRD Barito Selatan.

Dengan bacaleg potensial tersebut kata dia, dirinya optimistis pada setiap dapil di daerah ini bisa meraih kursi di DPRD Barito Selatan pada Pemilu 2024.

“Pada pemilu sebelumnya, PAN Barito Selatan hanya mampu meraih dua kursi dari dapil 1 serta dapil 3 dan pada pemilu 2024 mendatang, kita menargetkan pada dapil 1, dapil 2 dan dapil 3 bisa meraih kursi DPRD,” tegasnya.(Tomi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: