PKG PAUD Percepat Penurunan Stunting

BERITAKALTENG.com – SAMPIT –  Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Rutin lakukan kegiatan pengimbasan diklat program percepatan penurunan stunting di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) yang ada di Kabupaten Kotim.

Pada kegiatan tersebut dengan sasaran pengimbasan program pencegahan stunting ini diikuti oleh semua pengelola satuan PAUD yang tergabung di setiap PKG yang tersebar di 17 kecamatan yang mendapat pendampingan dari Disdik Kotim guna memastikan kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar.

“Kita laksanakan mulai pertengahan Januari 2023 untuk jadwalnya sudah ditentukan. 20  fasilitator melaksanakan kegiatan pengimbasan di PKG PAUD yang ada di Kecamatan masing-masing dan juga kepada organisasi mitra kita lainnya seperti KKKTK, HIMPAUDI dan IGTKI,” ungkap Muhammad Noor Aqbar, Kasi PAUD dan PNF Disdik Kotim, Sabtu 11 Februari 2023.

Lanjutnya, Dinas Pendidikan Kotim sendiri menargetkan tahun 2024 semua satuan PAUD yang ada di Kotim semuanya sudah dapat melaksanakan layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

“Tujuan akhirnya anak usia dini untuk melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan, anak juga rutin mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di sekolah, rutin dan terjadwal melaksanakan kegiatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak baik di satuan PAUD maupun di posyandu, satuan PAUD memiliki sanitasi yang baik, pemenuhan administrasi kependudukan anak serta rutin melaksanakan kegiatan parenting terkait pola asuh yang benar bagi orang tua si anak,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan pengimbasan ini nantinya diharapkan memperoleh keseragaman pemahaman tentang apa itu Stunting dan bagaimana penanganannya baik intervensi sensitif dan spesifik yang dapat diberikan melalui layanan PAUD HI yang secara bertahap akan diterapkan oleh seluruh satuan PAUD yang ada di Kabupaten Kotim.

“Ya kita berharap sebuah lingkungan belajar yang berkualitas itu memang bisa diwujudkan di kabupaten Kotawaringin Timur ini , yaitu lingkungan yang aman, nyaman dan mendukung tumbuh kembang anak-anak kita sebagaimana telah diamanatkan dalam Perbup Kotim No 55 tahun 2022,” tutupnya.  (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: