Waspadai Potensi Penculikan Anak

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Beredar isu maraknya penculikan anak di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi perhatian Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, lantaran isu tersebut menyebutkan pelajar menjadi incaran penculikan.

“Meski kabar ini belum diketahui kebenarannya, karena beberapa kali anak yang hilang ternyata hanya bersembunyi lantaran takut dimarahi orangtuanya, namun tidak salahnya kita untuk berhati-hati,” kata Plt Kepala Disdik Kotim, Susiawati, Kamis 2 Februari 2023.

Menurutnya, menjaga anak tidak hanya kewajiban pihak sekolah namun juga orangtua, termasuk memberikan rasa aman untuk mereka dari berangkat sekolah hingga pulang ke rumah dengan selamat.

“Kalau ada anak yang dijemput pulangnya, usahakan orangtua yang menjemput datangnya lebih awal agar anak tidak menunggu lama. Kalaupun ada kendala dan harus menunggu, diharapkan berkoordinasi dengan guru di sekolah, agar guru bisa memantau anak saat menunggu,” ucapnya.

Jikapun bisa, tambahnya, sebaiknya anak diminta menunggu di dalam pagar sekolah, agar jika ada yang ingin melakukan tindak kejahatan berpikir lagi untuk masuk ke lingkungan sekolah.

“Kalau sudah di luar sekolah itu resikonya memang lebih besar, karena tidak ada guru yang memantau. Guru tahunya anak-anak sudah pulang ketika keluar dari pagar sekolah,” ujarnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: