Bentuk Generasi Cerdas Melalui Komunitas Belajar

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Masing-masing kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terdapat komunitas belajar sebagai upaya membentuk generasi bangsa yang cerdas sesuai dengan tujuan pendidikan.

“Maka dari itu, sejumlah guru yang sebelumnya sudah mengikuti dan mendapatkan penjelasan dari Dinas Pendidikan (Disdik) terkait pembelajaran melibatkan literasi dan numerasi diharapkan membawa seluruh hasil pertemuan ke sekolah masing-masing, lingkungan masing-masing dan komunitas masing-masing,” kata Kasi Kurikulum Disdik Kotim, Suyoso, Selasa 31 Januari 2023.

Sejauh ini sudah dibentuk 19 komunitas kecamatan, serta ada 1 komunitas belajar untuk SMP masing-masing di Baamang dan Ketapang yang akan segera dipublikasi setelah di review oleh pihak berwenang.

“Pihak berwenang dalam hal ini pemerintah melalui instansi terkait dan Disdik, serta dilakukan pendampingan untuk penguatan perencanaan berbasis data, penguatan implementasi literasi dan numerasi di dalam pembelajaran, serta penguatan literasi dan numerasi di dalam penilaian,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, berdasarkan peraturan menteri nomor 22 tahun 2022, fungsinya untuk kenaikan kelas dan kelulusan, karena itu dioptimalkan pelaksanaanya oleh masing-masing sekolah sesuai kalender pendidikan yang sudah disusun.

“Dan untuk pembelajaran sehari-hari sekolah juga mengoptimalkan penilaian formatif. Bukan untuk mengumpulkan nilai di dalam data nilai penunjang nilai raport, tetapi khusus untuk memperbaiki pengelolaan pembelajaran yang digunakan guru,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: