Terkait Cuaca Situasi Barito Timur

Foto : Kepala BPD-Damkar Kabupaten Barito Timur, Ahmad Gazali.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Timur, pagi ini menyampaikan prakiraan cuaca dan kondisi bencana berdasarkan sumber data update dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

Pada pagi hari ini dan sampai siang dalam kondisi cerah/ berawan, selanjutnya sore hari dan malam harinya kondisi berawan hingga hujan ringan. Namun demikian, karena dinamisnya kondisi atmosfer dan interaksinya dengan samudra atau lautan di wilayah kepulauan Indonesia, maka perubahan keadaan cuaca sewaktu-waktu bisa berubah.

Jika ditinjau dari prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Kabupaten Barito Timur dalam kategori aman. Tidak adanya dampak yang mungkin terjadi seperti sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagai kelompok masyarakat terisolir, mulai terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya.

Sebagaian masyarakat kehilangan mata pencarian dan hewan ternak, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, ganguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup.

Mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan, ganguan skala sedang dan jangka menengah pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas, ganguan skala sedang dan jangka menengah pada operasional sekolah dan rumah sakit, mulai terjadi kerusakan pada tanggul-tanggul sungai, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, mulai terjadi kerusakan pada sebagian tanaman, terjadi pendangkalan pada sungai dan bendungan hingga tidak berfungsi, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala menengah.

“Potensi banjir tingkat rendah di perkiraan akan terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur, yaitu wilayah Kecamatan Dusun Tengah, Karusen Janang, Paju Epat dan Pematang Karau,” kata Ahmad Gazali, Rabu (4/1/2022).

Untuk potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Timur, ditinjau dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah (FFMC), wilayah Barito Timur dalam kategori aman hingga sangat mudah terbakar.

Alang-alang dan dedauan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi basah, lembab, kering atau sangat kering dan sangat sulit terbakar sangat mudah terbakar.

Dirinya menghimbau, kepada masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi terkait perkiraan cuaca dan kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan tetap hati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

“Masyarakat juga diharapkan untuk berhati-hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: