Pemkab Gumas dan YBNI Jalin Kerja Sama

FOTO : Bupati Gunung Mas, Jaya S. Monong saat perlihatkan bukti kerjasama dengan Yayasan Borneo Nature Indonesia (YBNI) Foundation.

 

BERITAKALTENG.com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas menjalin kerjasama dengan Yayasan Borneo Nature Indonesia (YBNI) Foundation.

Kerjasama itu ditandai dengan diadakannya nota kesepakatan kedua belah pihak. Adapun bentuk kerjasama itu berupa penelitian, konservasi dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Gunung Mas (Gumas).

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengatakan, nota kesepakatan bersama ini diharapkan dapat menguatkan kapasitas, khususnya bagi pemangku kepentingan dalam rangka pengelolaan konektifitas hutan serta keanekaragaman hayati, serta penguatan kapasitas masyarakat dalam perlindungan dan pelestarian.

“Kita harus mengetahui bagaimana cara pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang terbentang di daerah alam Rungan dan Kahayan, sehingga kedepannya bagi pemangku kepentingan bisa mengelola konektifitas hutan hingga keanekaragaman hayatinya,” ucap Jaya S Monong, Jumat (27/5/2022).

Tidak hanya sampai disitu saja, dalam kesepakatan bersama ini dimaksudkan, upaya untuk mendukung pembangunan Kabupaten Gumas melalui kegiatan, konservasi maupun bidang pemberdayaan masyarakat serta isu lingkungan lainnya khususnya di antara Sungai Rungan dan Sungai Kahayan.

“Kesepakatan bersama ini sebagai upaya mengembangkan dan memperkuat jaringan kerja sama para pihak dalam pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” tambahnya.

Ke depan, tambah Jaya, semua pihak diharapkan untuk bersama-sama merumuskan kajian ilmiah yang diperlukan guna menguatkan kapasitas pemangku kepentingan dalam rangka pengelolaan konektifitas hutan serta keanekaragaman hayati.

“Tak kalah pentingnya penguatan kapasitas masyarakat dalam perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan SDA. Khususnya di bentang alam Rungan-Kahayan. Artinya itu bisa menjadi sumber manfaat untuk pembangunan di Gumas,” pungkasnya. (Stp/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: