Dua Pimpinan DPRD Barsel Optimis Pj. Bupati Mampu Bekerjasama

Foto : Dua Pimpinan DPRD Barsel, Hj. Nyimas Artika, SE (kanan) dan Hj. Enung Irawati (kiri), mengaku optimis bahwa Pj Bupati mampu memberikan yang terbaik kepada daerah berjuluk Bumi Batuah tersebut.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Dua srikandi yang kini menduduki jabatan Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Barito Selatan, Nyimas Artika dan Enung Irawati optimis bahwa Pejabat (Pj.) Bupati mampu bekerjasama dengan Dewan dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Hal tersebut, disampaikan oleh Nyimas saat menyambut kehadiran Pj. Bupati Barsel, Lisda Arriyana, dalam kegiatan silahturahmi dan konsolidasi sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri tentang penetapan Pj. Bupati Barsel di Kantor DPRD di Buntok, Rabu (25/5/2022).

“Alhamdulillah beliau memang sosok yang bisa bekerjasama (dengan DPRD). Buktinya beliau juga datang ke DPRD untuk menyerahkan SK penetapan Pj dari Kemendagri,” ucap politisi Golkar ini optimis.

Nyimas berharap agar Pj. Bupati dapat menjalankan tugasnya dengan baik bagi pembangunan yang lebih baik lagi bagi daerah bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.

Tidak ada lagi pengkotak-kotakan kelompok dan golongan berdasarkan kepentingan politik, serta bisa terus berkomunikasi dengan dewan terkait semua masalah yang ada di Barsel.

“Tolong tidak ada lagi kotak-kotak politik, bahu membahu, dan paling tidak beliau bisa (memberi tahu kami) kalau memang ada bisikan atau apa-apa, ini loh DPRD apa sih yang sedang terjadi!” ucapnya.

“Jangan (seperti) selama ini. Mungkin terlalu banyak isu-isu yang tidak jelas. Jadi beliau (Pj) menyambut baik (hal itu). Kami tadi menyarankan, dengan ibu wakil (Enung Irawati) juga, bahwa kalau ada apa-apa tolong bu (Pj) telpon kami. Karena kita tahu kalau komunikasi itu baik, pasti semua berjalan dengan baik,” pungkas Nyimas, disetujui oleh Enung.

Sebelumnya, Lisda menerangkan, bahwa tujuan utamanya ke DPRD Barsel adalah, selain untuk bersilahturahmi dan melakukan konsolidasi, ia sengaja datang untuk menyampaikan tembusan surat Keputusan Kementerian Dalam Negeri tentang penetapan Pj. Bupati Barsel.

“Dan ini yang pertama kali harus saya sampaikan, karena kita ketahui bahwa pemerintah daerah itu adalah Bupati dan DPRD,” terangnya.

“Sebetulnya ada pak ketua, tapi kami sudah komunikasi bahwa beliau sedang tidak berada di tempat. Tapi unsur pimpinan DPRD sudah menyambut kami dengan baik, oleh karena itulah kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan supportnya,” terang mantan Camat Dusun Selatan ini menambahkan.

Selanjutnya, kata Lisda lagi, akan menjadwalkan ulang pertemuan dan silahturahmi dengan ketua DPRD Barsel apabila yang bersangkutan sudah berada di Buntok.

“kemudian setelah dari DPRD ini ada beberapa konsolidasi yang akan kami lakukan ke Forkopimda yang ada. Mungkin nanti pihak protokol maupun sekretaris daerah sudah menjadwalkan dan ini yang akan kami lakukan pertama,” tuturnya.

Sementara itu, wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan di Setda Barsel ini, mengaku masih belum menyusun program kerja khusus.

“Kalau program khusus, nanti mungkin sambil berjalan. Karena saya baru konsolidasi menyampaikan tembusan surat keputusan mendagri,” akui dia.

“Nanti setelah ada maping, kegiatan-kegiatan itu baru akan saya sampaikan,” tukas Lisda lagi.

Pada kesempatan tersebut juga, wanita yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Tengah ini, menyampaikan bahwa dia akan menjalankan semua perintah Gubernur, demi pembangunan Barsel yang lebih baik lagi, selama masa jabatannya sebagai Pj. Bupati.

Dia mengungkapkan, ada tiga hal penting yang dipesankan oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran kepadanya sebagai Pj. Bupati, yaitu melakukan konsolidasi dengan DPRD dan Forkopimda.

Kemudian, dia juga akan melakukan perombakan struktur organisasi perangkat daerah. Sebab ditegaskannya, kemajuan sebuah daerah tergantung dari struktur organisasi pemerintahan.

“Yang kedua, (pembangunan ditentukan) dengan struktur tata pemerintahan yang baik. Jadi saya akan melakukan konsolidasikan struktur pemerintah daerah, mulai dari sekretaris daerah maupun perangkat-perangkat daerah,” janji dia.

Dan yang terakhir adalah masalah paling penting yang harus segera diatasi dan dicarikan solusinya, yakni pemulihan ekonomi masyarakat yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Tiga poin tersebut yang disampaikan (Gubernur) pada saat pelaksanaan pelantikan Pj. Bupati Barito Selatan dan Pj. Bupati Kotawaringin Barat,” bebernya.

“Jadi kami selaku Pj. Bupati memohon dukungan dari seluruh elemen masyarakat, DPRD, Forkopimda, SOPD, maupun tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh masyarakat. Mari kita sama-sama membawa Barsel (menjadi lebih baik), itu yang saya mau,” harap Lisda mengakhiri.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: