Berharap Pelaku UMKM Kotim Makin Sejahtera

FOTO : Ketua DPRD Kabupaten Kotim, Dra. Rinie bersama Wabup, Irawati saat melihat kerajinan tangan para UMKM pada bazar di stadio 29 November.

Dukung Pengembangan UMKM

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Dra Rinie mendorong pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di daerah ini.

“Kami sangat mendukung pemerintah daerah agar sektor UMKM bisa terus meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat juga, khususnya para pelaku UMKM juga semakin baik,” kata Rinie, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya saat ini sektor UMKM di Kabupaten Kotim kembali menggeliat, karena para pelaku UMKM terus berjuang keras agar bisa bertahan di tengah sulitnya perekonomian akibat terdampak pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini. Sektor UMKM perlu mendapat perhatian karena banyak digeluti masyarakat, karena ekonomi kerakyatan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil yang sangat membutuhkan bantuan.

“Saya menilai potensi UMKM lokal cukup bagus karena pangsa pasarnya masih luas. Produk UMKM lokal juga berkualitas sehingga tidak kalah dengan produk-produk dari luar daerah, maka pemerintah daerah harus turun tangan untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha mereka, misalnya dengan menyiapkan tempat khusus untuk pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka,” ucap Rinie

Politisi Partai PDI Perjungan ini juga mengatakan untuk memfasilitasi itu, banyak lokasi milik pemerintah daerah yang bisa digunakan membantu pelaku UMKM. Dukungan itu sangat bermanfaat karena bisa mengurangi beban para pelaku UMKM dalam memasarkan produk. Dan pemerintah daerah juga diharapkan memfasilitasi dan mempermudah perizinan agar produk UMKM memenuhi standar dan aturan sehingga bisa dipasarkan secara luas, melalui pasar-pasar tradisional, hingga pasar modern.

“Saya yakin sektor UMKM lokal kita, sangat berpotensi besar untuk dikembangkan, maka  harus kita dorong agar pelaku UMKM daerah ini semakin besar dan maju, baik melalui kegiatan bazar atau yang lainnya,” tutupnya. (bm/arl).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: