Pemerintah Kota Palangka Raya Raih Keterbukaan Informasi Publik Terbaik se-Kalteng

FOTO : Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, menyerahkan penghargaan KIP(Keterbukaan Informasi Publik) terbaik se Kalteng yang diterima langsung Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (15/3/2021).

BERITAKALTENG.COM – PALANGKA RAYA –  Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020. Penghargaan itu diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, yang diterima langsung Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (15/3/2021).

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Palangka Raya saya menerima secara langsung anugerah keterbukaan informasi publik ini,”ungkap Fairid.

“Bahkan kali ini Pemko Palangka Raya naik peringkat dari tahun sebelumnya, menjadi peringkat terbaik se Kalteng dengan skor 94,20,”tambahnya, usai kegiatan.

Menurut Fairid, Pemko Palangka Raya sejauh ini telah memberikan dukungan penuh dan berkomitmen dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik, seperti yang diamanatkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.  Selain itu, pemko juga telah berusaha maksimal dalam menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana kebijakan serta program-program publik lainnya.

Bahkan guna mendukung keterbukaan informasi publik itu, pemko telah menyediakan aplikasi PPID dimana masyarakat dapat mengakses langsung terhadap permintaan informasi secara online.

“Adanya Mall Pelayanan Publik (MPP) Huma Betang yang berada di Jalan Yos Sudarso, juga menjadi wukud nyata mendukung keterbukaan informasi publik kepada masyarakat dalam hal pelayanan,”sebutnya.

Terlepas dari itu semua, maka tidak kalah penting dari keterbukaan publik adalah bagaimana mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.

“Termasuk mewujudkan pemerintahan yang good governance, transparan, efektif, efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya

Dari upaya dan implementasi nyata itulah tambah Fairid, maka semuanya menjadi bagian dari proses dan indikator penilaian keberhasillan Pemko Palangka Raya mampu meraih anugerah keterbukaan informasi publik.

“Terimakasih Pemprov Kalteng dan Komisi Informasi Kalteng serta seluruh jajaran Pemko Palangka Raya. Baik itu lembaga legislatif dan instansi vertikal. Mempertahankan prestasi merupakan tugas yang cukup berat. Mari kita perkaya motivasi keterbukaan publik ini,”tutup Fairid.Sog/Arl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: