Era Digital, Koperasi dan UMKM Harus Bertransformasi

beritakalteng.com – PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Wahid Yusuf mendorong koperasi dan UMKM untuk bertransformasi di era digital saat ini.

“Kemampuan koperasi maupun UMKM dituntut untuk bertransformasi secara digital. Bila ini bisa dilakukan, eksistensi kedua bidang ekonomi itu akan terus berjalan,” ungkapnya, Jumat (27/11/2020)

Menurutnya, dalam bertransformasi, maka koperasi maupun UMKM tidak hanya sekedar bisa mengaplikasikan sofware terbaru saja, tetapi perlu melakukan pembaruan pada model bisnis, manajemen, dan pelayanannya.

Selain itu, apabila koperasi ingin menerapkan tranformasi digital, maka ada tiga poin penting yang harus dikuasai terlebih dahulu, yaitu penguasaan teknologi, menyiapkan program dan proses yang benar kemudian menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang benar.

“Nah, ketika kesemua poin tersebut dapat segera dikuasai, maka akan mempermudah bertransformasi di era digital,” jelasnya.

Terlebih saat ini sambung legislator muda Partai Golkar ini, penggunaan teknologi era digital sudah masuk pada industri 4.0, poin yang menggabungkan dunia physical dan dunia cyber.

Industri 4.0 itu sendiri konsep utamanya adalah membangun information society, dimana teknologi akan berbaur dalam kehidupan sehari-hari, karena manusia sebagai pelaku utama nantinya.

“Semoga koperasi maupun UMKM kedepannya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memanfaatkan produk ekonomi. yang dihasilkan kedua bidang usaha tersebut,” pungkasnya. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: