Pemda Kotim Siapkan Klinik Pelayanan OPD Covid-19

FOTO : Ilustrasi penanganan Covid-19

Beritakalteng.com, SAMPIT – Berbagai upaya akan terus dilakukan untuk mencegah dan menangani Covid-19. Agar tidak berjangkit di wilayah Habaring Hurung ini, Klinik pelayanan orang dalam pengawasan (ODP) dianggap penting agar pasien yang berisiko terjangkit bisa dipantau kondisi kesehatannya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini sedang mempersiapkan klinik pelayanan orang dalam pemantauan (ODP) wabah Covid-19 di Jalan Jenderal Sudirman atau tepatnya memakai bangunan Islamic Center Kota Sampit. 

“Kami akan menjadikan Islamic Center ini untuk dijadikan klinik ODP. Kapasitasnya yang cukup banyak juga sebagai antisipasi jika terjadi kemungkinan terburuk harus merawat pasien dalam jumlah banyak,” ujar Sekda  Kotim Halikinnor usai memantau pembuatan klinik, Sabtu (4/4/2020).

Menurutnya, saat ini para pekerja masih menyelesaikan pembuatan sekat ruangan dan kelengkapan lainnya. Apabila dalam kondisi darurat, tempat tersebut juga bisa disulap menjadi ruang isolasi penanganan pasien Covid-19.

Dirinya mengatakan, saat ini penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dilakukan di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit dan pihak rumah sakit, juga menyiapkan ruang poli jiwa dan teratai apabila dibutuhkan dalam kondisi mendesak untuk dijadikan ruang isolasi tambahan bagi pasien virus tersebut.

Halikinnor juga meminta, masyarakat yang datang dari menghadiri Tabligh Akbar Ijtima Ulama Asia di Gowa, Sulawesi Selatan, diimbau agar dapat  melapor dirinya ke Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kotim. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan.

“Dengan adanya klinik ODP tersebut sehingga dapat dideteksi sejak dini Covid-19 itu, Bahkan jika ada warga yang ingin dirawat atau diisolasi karena tidak ingin keluarganya tertular maka bisa dilayani di klinik tersebut,” tutupnya.(dro/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: