Dewan Ponorogo Studi Komparatif ke DPRD Kota Palangka Raya

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- DPRD Kota Palangka Raya, pada hari Kamis 05 Maret 2020, telah menerima kunjungan 10 (sepuluh) orang anggota dewan Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur (Jatim), dalam rangka Studi Komparatif, terhadap sejumlah Raperda, diantaranya Perda tentang pengelolaan sampah domestik dan Perda tentang layanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu.

Yang mana, kali itu kunjungan dipimpin langsung  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jatim, yakni Dwi Agus Prayitno beserta sembilan orang anggota dewan lainnya. Karena mengingat, saat itu juga anggota Dewan Kota Palangka Raya sedang melakukan kegiatan kunjungan daerah, sehingga saat itu Rombongan hanya diterima oleh Tim Ahli Setwan Kota Palangka Raya.

Menurut Dwi Agus Prayitno kepada awak media mengatakan, jika kedatangan pihaknya ke ‘Kota Cantik’, ialah dalam rangka melakukan koordinasi mengenai Perda pengelolaan limbah domestik, dan Perda tentang layanan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu.

“Tahun ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kabupaten Ponorogo telah menyiapkan program legislatif daerah sebanyak 20 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang akan kita bahas. Dua diantaranya adalah raperda tersebut. Kami mencoba berkomunikasi  dan mencari informasi, mana saja daerah di luar Ponorogo yang sudah memiliki raperda itu atau sudah melaksanakannya,” Ucap Dwi, sabtu (7/3).

Dipilihnya Kota Palangka Raya, lanjut Dwi menyebutkan, dikarenakan raperda yang akan dibahas tersebut, lebih dulu dijalankan di Kota Palangka Raya sejak tahun 2016 lalu. Sehingga, dengan begitu pihaknya mencoba untuk belajar dan mencari info, yang diharapkan itu bisa menjadi bahan DPRD Kabupaten Ponorogo, dalam pembahasan termasuk berbagai kendalanya, yang ternyata di Palangka Raya Perda tersebut sudah berjalan dengan efektif.

“Sedangkan untuk pengelolaan limbah domestik, di sini belum ada. Tetapi langkah untuk  mengarah ke sana, khususnya untuk lingkungan hidup dengan pengelolaan limbah domestik ini telah mulai berjalan, terutama yang berkaitan dengan sampah plastik. Ini jadi  bahan kita di Ponorogo karena kita juga terlalu banyak sampah plastik. Hal-hal ini sangat berarti bagi kita, selain menyambung silahturahmi kita juga bisa menimba ilmu disni,” timpal Dwi.

Sementara, dalam kesempatan itu, pihak Sekretariat Dewan yang diwakili oleh tim ahli DPRD Kota Palangka Raya menyampaikan bahwa saat ini para anggota DPRD Kota Palangka Raya tengah melaksanakan kunjungan kerja luar daerah.

“Kami meminta maaf karena kedatangan anggota DPRD Kabupaten Ponorogo tanpa disambut oleh anggota DPRD Kota Palangka Raya, karena dihari yang sama para anggota dewan Kota Cantik juga sedang melaksanakan kegiatan kunker keluar daerah,” ujar tim Ahli Setwan Kota Palangka Raya, Saubari. Nampak juga hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Kesehatan dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: