Empat Bangunan di Kota Buntok Hangus Terbakar

Terbakar : Dua rumah, satu toko dan sebuah bengkel deco, di Gg. Serumpun, Jl. Pelita Raya, Kota Buntok, hangus terbakar, Minggu (23/2/2020) dini hari.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Dua unit rumah, serta sebuah toko penjual lemari dan satu unit bengkel deco di Jalan Pelita Raya, Gang Serumpun, RT.13, RW.04, Kecamatan Dusun Selatan, Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, ludes terbakar, Minggu (23/2/2020) sekitar Pukul 01.10 WIB dini hari.

Berdasarkan informasi, kedua unit rumah serta toko dan sebuah bangunan bengkel deco tersebut, merupakan milik Zulkifli dan Abah Dayat.

Menurut cerita yang disampaikan oleh salah satu saksi, Jefri, yang rumahnya tidak jauh dari tempat kejadian, kepada awak media, bahwa dirinya baru tahu kejadian tersebut, ketika api sudah membesar dan kemudian dia langsung menghubungi pihak Satuan Pemadam Kebakaran setempat.

“Begitu mendengar ada suara ribut, saya langsung keluar rumah dan melihat api sudah membesar membakar rumah milik Zulkifli dan Abah Dayat beserta toko dan bengkel,” ceritanya.

Mendapatkan laporan tengah terjadinya kebakaran itu, tak berselang lama 5 unit mobil pemadam kebakaran pun datang dibantu BPK Plaza Beringin, mobil water cannon Polres Barsel.

Berkat kesigapan petugas dibantu oleh warga, yang berjibaku setidaknya selama kurang lebih satu jam, atau tepatnya pada sekitar Pukul 02.00 WIB, api akhirnya berhasil dijinakkan, sehingga tidak sempat merambat kerumah warga lainnya yang berada dikawasan padat penduduk.

Sementara itu, diterangkan oleh salah satu warga lainnya, Ferry, bahwa asal api diduga pertama kali dari meteran listrik rumah milik Zulkifli atau yang akrab disapa Izul.

“Asal api terlihat dari meteran listrik di rumah milik Izul, dan kemudian dengan cepat api membesar membakar bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu tersebut,” ungkapnya.

Selain empat bangunan, rumah warga lainnya, yakni milik Nini Unggal, sempat terkena imbasnya, yaitu terbakar sebagian atapnya, namun karena cepat diantisipasi, akhirnya api bisa dipadamkan sebelum membesar.

Melalui keterangan Kapolres Barsel, AKBP Devy Firmansyah, SIK, melalui Kapolsek Dusun Selatan, Ipda Akhmad Wira, menerangkan, bahwa untuk saat ini pihaknya belum bisa memastikan penyebab utama terjadinya kebakaran yang menggegerkan warga pada pagi-pagi buta tersebut.

“Untuk penyebab kebakaran dan kerugian masih belum diketahui, karena kita sedang melakukan penyelidikan,” jelasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: