Manfaatkan Pekarangan, Dewan Kota ini Ajak masyarakat Budidaya Ikan

Foto : Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Yudhi Karlianto Manan 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Yudhi Karlianto Manan mengajak masyarakat Kota Palangka Raya, untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan membudidayakan ikan sebagai pemenuhan konsumsi rumah tangga.

Hal itu, sebagai upaya mengoptimalkan ketersediaan sisa perkarangan tempat tinggal, agar memiliki nilai manfaat lebih. Setidaknya, dengan membudidayakan ikan di perkarangan sendiri, untuk mencukupi konsumsi ikan sehari-hari.

Budidaya ikan tidak memerlukan lahan yang besar, lanjut Yudhi menerangkan, pasalnya hanya memanfaat luas perkarangan yang tersedia, masyarakat sudah bisa membudidayakan ikan, untuk konsumsi sendiri.

“Upaya budidaya yang dimaksudkan, ialah budidaya pembesaran bibit ikan, yang sering dikonsumsi oleh anggota keluarga. Sebab, upaya budidaya pembesaran, tidaklah terlalu sulit, tidak membutuhkan lahan yang luas, dan masih memungkinkan untuk dikerjakan, di area perkarangan rumah sendiri,” ucap Yudhi, Kamis (20/02).

Sambung Yudhi, ketika budidaya pembesaran itu, telah berhasil dilakukan, maka selanjutnya masyarakat, terutama keluarga inti, dapat menghemat besaran belanja rumah tangga. Bahkan, bila hasilnya pun berlebih, itu masih bisa di jual ke pasar, ataupun kepada tetangga sekitarnya.

“Inilah, yang saya maksud, kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan sisa pekarangan rumah, untuk memiliki nilai tambah. Serta, memiliki ketahanan pangan rumah tangganya, dengan memanfaatkan perkarangan rumah, sebagai tempat budidaya ikan,” tambahnya.

Adapun jenis-jenis ikan yang dapat dibudidayakan, dipekarangan rumah antara lain ikan patin, mujair, gurame, lele, nila, dan Lainnya.

Begitu pula untuk pakan ikan, masyarakat bisa memanfaatkan, sisa-sisa makanan, ataupun potongan-potongan sayur, dari dapur, yang tidak terpakai lagi, atau sisa potongan sayur atau sisa dapur, bisa menjadi pakan ikannya.

Yudhi juga menambahkan, tidak kalah penting lainnya, ialah ketika masyarakat hendak memulai budidaya pembesaran. Ada baiknya, masyarakat dapat menggali dan mencari berbagai refrensi budidaya ikan, melalui berbagai literas dan sumber.

“Sebagai bahan refrensi dan panduannya, masyarakat sebenarnya bisa saja mencari dari berbagai sumber acuan, seperti banyaknya tutorial, yang dapat diakses melalui saluran YouTube ataupun situs-situs website, yang menyajikan bagaimana cara budidaya pembesaran bibit ikan. Sehingga, ketika masyarakat telah mempelajari terlebih dulu, maka peluang tingkat keberhasilan nya pun akan semakin besar, yang akan berpengaruh pada peningkatan perekonomian keluarga,” pungkasnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: