Soal DBD, Duwel Rawing : Selama Ini Anggaran Sudah Dipersiapkan

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing berkeinginan agar persoalan demam berdarah dengue atau DBD di Kalteng menjadi perioritas yang harus diperhatikan.

“Selama ini sudah dipersiapkan anggaran, untuk pencegahan dan tindaklanjut sigap di lapangan, baik ujung tombak puskesmas atau unsur lainnya” kata Duwel belum lama ini.

Evaluasi terhadap program pencegahan penting dilakukan. Lanjutnya, ketika sebelum terjadi wabah besar, jajaran kesehatan sudah mempetakan kawasan-kawasan yang dianggap, sebagai titik rawan.

Semisal sudah terjadi kasus yang cukup besar, jelas bukan lagi tindakan pencegahan, melainkan sudah masuk penyediaan sarana prasarana kesehatan.

“nyamuk Aedes Aegypti notabene penular DBD hidup di air-air yang cukup bersih. Maka ketika sudah ada potensi dari cuaca atau musim, lakukan aksi pembersihan lingkungan secara luas.” bebernya menambahkan.

Anggota DPRD Kalteng dari PDI-P ini kembali berpendapat, kalau hanya menggunakan fogging (pengasapan), hanya membunuh nyamuk dewasanya saja. Matikan jentiknya di genangan  atau tampungan air, dengan bubuk pembunuh nyamuk (abate).

Duwel menilai jangan hanya mengintensifkan pengasapan saja, namun perlu dibagikan abate ke masyarakat setempat. Mantan Bupati Katingan dua periode itu juga mengharapkan, pihak terkait bisa melakukan deteksi dini, sebelum terjadi wabah.

Laksanakan juga sosialisasi serta penyuluhan, agar masyarakat memahami cara pencegahan yang baik dan efektif. Selain itu musim ataupun bulan munculnya DBD, biasanya sudah diketahui. Artinya kondisi itu bisa direncanakan secara matang, dalam upaya meminimalisir wabah.

“Problema kasus DBD tahun lalu, harus jadi pelajaran agar tidak terulang. Mesti ada langkah-langkah intensif untuk pencegahan di lapangan,” pungkas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: