Dana Desa Dituntut Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengungkapkan agar 101 kepala desa yang ada dibarito timur, merupakan ujung tombang kemajuan pembangunan diwilayah kerja desa masing – masing, oleh karena itu, kades harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memajukan pembangunan desanya.

“dengan besaran alokasi dana desa(ADD) maupun dana desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat maupun kabupaten setiap tahunya, 101 kepala desa dibarito timur harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memajukan pembangunan desanya,” ucap ampera. Senin (4/11)

lanjut Ampera, bahwa kades mempunyai tugas penting dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan desa,pembangunan desa, dan juga juga kemasyarakat, termasuk memajukan pembangunan didesa dia pimpin.

Pemerintah desa harus bersinergri dan melakukan inovasi mengembangkan semua potensi sumber daya yang dimiliki oleh 101 desa, yang ingin mengembangkan semua potensi sumber daya yang dimiliki oleh desa seperti potensi Pariwisata, sektor Pertanian, dan juga sektor perkebunan, termasuk dalam upaya meningkatkan sektor ekonomi kerakyatan.

Dirinya menyampaikan, selain inovasi dan kreativitasi yang lebih penting adalah para kades harus bisa bersinergri dengan pihak swasta guna memajukan dan mengembangkan potensi desanya masing-masing.

Ampera juga berpesan, agar pemerintah desa dan juga pendamping desa agar bersinergri dalam pengelolaan dan perencanaan desa agar tepat sasaran, nantinya bisa menghasilkan kembali dana untuk mengerakan ekonomi dan meningkatkan pembangunan desa

Ia menambahkan, dengan mengerakan ekonomi desa agar nantinya desa tersebut dapat lebih mandiri dan produktif dalam mengembangkan potensinya, sehingga tidak saja berimbas pada peninhkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta memajukan pembangunan desa wilayah kerja masing-masing.(ag/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: