Keselamatan di Jalan: Upaya Bersama untuk Menekan Kecelakaan

Foto : M. Andi Racmatullah menggelar kegiatan dengan rangkaian acara seperti lari, safety riding, talkshow, dan keterlibatan UMKM.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II menyelenggarakan acara Pekan Keselamatan Jalan 2024 di area Terminal W.A Gara.

Adapun diketahui oleh Kepala BPTD Kelas II Kalimantan Tengah, M. Andi Racmatullah menyampaikan bahwa hari ini adalah rangkaian utama dari kegiatan sebelumnya, termasuk pelajar pelopor dan sosialisasi di sekolah-sekolah dan TK. Pada acara kali ini, selain kegiatan utama seperti lari, safety riding, dan talkshow, kami juga melibatkan UMKM untuk berpartisipasi.

“Pada tanggal 12 September 2024, akan diadakan donor darah serentak dari Aceh hingga Papua, yang juga diarahkan oleh pimpinan kami untuk mencetak Rekor MURI. Ini merupakan bagian penting dari rangkaian kegiatan tersebut,”kata Andi. Minggu (08/9/2024) Pagi.

Andi juga menjelaskan ada sekitar 60 UMKM, termasuk gabungan dan umum, akan ikut serta. Setiap minggu juga ada kegiatan Terminal Pekan Keselamatan Jalan W.A Gara, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali terminal sebagai pusat aktivitas.

“Insya Allah ke depannya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Sesditjen Hubdat kementerian perhubungan, Amirulloh mengatakan bahwa Kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan sepeda motor, terus meningkat, terutama di kalangan usia produktif. Ini sangat disayangkan, karena banyak nyawa muda terancam. Oleh karena itu, penting bagi kita semua—pemerintah, masyarakat, media—untuk bersatu dan terus mengingatkan serta mensosialisasikan pentingnya keselamatan di jalan.

“Untuk itu saya juga menanggapi bahwa Keselamatan adalah hal utama. Sepeda motor menyumbang 76% kecelakaan, terutama di kalangan usia produktif,”ucapnya.

Dia juga menyebutkan bahwa dampaknya besar, tidak hanya bagi individu, tapi juga keluarga. Media diharapkan membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan ini.

“Mari kita sadari bahwa keselamatan adalah yang utama, dimulai dari diri sendiri. Gunakan helm, patuhi aturan, dan pastikan kelengkapan seperti SIM dan STNK. Semua ini adalah langkah untuk menjaga keselamatan kita saat berkendara,”tandasnya. (Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: