UPR Terus Dorong Mahasiswa Selesaikan Kuliah Tepat Waktu

PALANGKARAYA – Permasalahan masih banyaknya mahasiswa yang lambat menyelesaikan perkuliahan maksimal 4 tahun lulus masih menjadi konsen Universitas Palangka Raya (UPR).

Rektor UPR, Prof.Dr.Ir. Salampak MS menyampaikan bahwa pihak akan terus melakukan upaya bagaimana mendorong mahasiswa agar bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

“Kuliahnya sudah selesai, tapi proses menyelesaikan skripsinya yang lama. Makanya kita mendorong agar mahasiswa 4 tahun sudah lulus,” kata Prof. Salampak di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2028).

Dirinya menginformasikan bahwa Perguruan Tinggi yang bagus salah satunya dapat dilihat dari tingkat ketepatan menyelesaikan perkuliahan minimal 40 persen lulusannya diselesaikan dalam waktu 4 tahun.

Guna mewujudkan hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan diantaranya bagaimana mengubah paradigma di Agademik atau kurikulum.

“Kalau dulu kita pernah mengalami mata kuliah bersyarat, misalnya mata kuliah matematik 2 tidak bisa diambil kalau matematik 1 belum lulus,”

“Bahkan ada program sudi kita persyaratanya dua kalau tidak bisa selesai, tidak bisa maju, Tentunya ini akan menghambat sekali dan inilah yang harus kita perbaiki kedepanya,” bebernya menambahkan.

Dirinya berpendapat, tidak mahasiswa yang tidak lulus, karena penilaian dapat diambil dari pencapaian kompetensi dari mata kuliah yang diambil.

Prof. Salampak juga menyampikan bahwa selama pelaksanaan wisuda, setiap tahunya membeludak, meski dilakukan wisuda selama 4 kali dalam setahun.

“Tapi saya senang, itulah program yang lagi kita genjar-gencarkan diawal tahun. dan dalam beberapa tahun ini mahasiswa langsung menerima ijasah ketika wisuda,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: