Pemkab Bartim Gelar Pengukuhan Duta Baca

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan didampingi Istri dan sejumlah pejabat melakukan foto bersama.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah gelar Pengukuhan Duta Baca dan Sosialisasi Budaya Baca serta Literasi Melalui Lomba Melukis, Mewarnai dan Bercerita Tingkat PAUD Pendidikan Dasar tahun 2024 di Gedung Pertemuan Umum Mantawara, Senin 22 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka Penjabat (Pj.) Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, SE, MPA nampak hadir Sekretaris Daerah, Panahan Moetar, SE, M.Si, Bunda Literasi Kabupaten Barito Timur Melly Novita, SH., M.KM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Barito Timur, Camat se-Kabupaten Barito Timur, Kepala Kementrian Agama, Ketua PKK/Bunda Literasi Kabupaten Barito Timur, Kepala sekolah TK Negeri Pembina Tamiang Layang, Duta Baca Pelajar, Guru Pendamping, Peserta Lomba, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj. Bupati menyampaikan erima kasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan beserta seluruh pegawainya yang telah melaksanakan kegiatan acara Pengukuhan Duta Baca dan Sosialisasi Budaya Baca serta Literasi Melalui Lomba Melukis, Mewarnai dan Bercerita Tingkat PAUD Pendidikan Dasar Tahun 2024.

“Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, perlu adanya upaya kolektif melalui pembudayaan kegemaran membaca, untuk mendukung kegemaran membaca maka perlu partisipasi aktif masyarakat melalui pegiat literasi sehingga tercipta masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan produktif”, jelas Indra.

Pemilihan Duta Baca Pelajar yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur ini dipandang sangat penting sebagai upaya untuk memotivasi pelajar dan masyarakat agar gemar membaca. Melalui momen ini saya mengajak semua pihak agar menjalin kerjasama yang intensif antara pemerintah daerah dengan seluruh lapisan masyarakat bagaimana caranya supaya gemar membaca bisa masif dilaksanakan.

“Saya berharap agar Duta Baca Pelajar Kabupaten Barito Timur yang baru saja dikukuhkan dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik mungkin demi kemajuan literasi di Kabupaten Barito Timur”, harapnya.

Dengan mengukuhkan duta baca, kita tidak hanya menghargai keberhasilan mereka dalam membaca, tetapi juga memberikan inspirasi kepada pelajar dan masyarakat untuk membudayakan gemar membaca.

Keluarga sebagai salah satu unit terkecil yang ada di masyarakat dapat menjadi kunci utama untuk menghidupkan budaya literasi. Mengingat pentingnya budaya literasi bagi masyarakat, hendaknya literasi mulai dikembangkan dalam lingkungan keluarga.

Hal ini dikarenakan keluarga merupakan suatu miniature pendidikan utama dalam merangsang pola perkembangan anak baik dari aspek intelektual, emosional, maupun spiritual. Dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi dan sumber pembelajaran.Undang – Undang RI no. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, dinyatakan pembudayaan gemar membaca pada satuan Pendidikan dilakukan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran.

Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur yang telah menggelar acara lomba Melukis, Mewarnai dan Bercerita pada hari ini, untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak semenjak dini.

“Saya berharap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur selalu menganggarkan dana untuk kegiatan ini, sehingga kegiatan Lomba Melukis, Mewarnai dan Bercerita ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: