Foto : Pj. Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si saat membuka Sosialisasi Akselerasi dan Penerapan IKD di SMA Negeri 1 Katingan Hilir, Rabu (22/11/2023).

Pj Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi IKD

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si membuka secara resmi Sosialisasi Akselerasi dan Penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di SMA Negeri 1 Katingan Hilir, Rabu (22/11/2023). Kegiatan ini digagas pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Katingan, sebagai upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan bahwa dalam rangka percepatan penerapan identitas kependudukan yang berbasis digital menjadi latar belakang dilaksanakannya sosialisasi ini. Hal tersebut, sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri RI a Nomor 72 Tahun 2022.

“Peraturan tersebut, tentang Standar Dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penyelenggaraan IKD dan meningkatkan program Dukcapil Go Digital,” jelas Saiful.

Dia mengungkapkan, bahwa IKD merupakan aplikasi pada smartphone berisi informasi elektronik yang digunakan untuk menampilkan dokumen kependudukan dan data balikan yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.  “Dokumen kependudukan yang dapat diakses melalui aplikasi IKD antara lain KTP dan Kartu Keluarga atau KK,” terangnya.

Sedangkan untuk data balikan, seperti Kartu Vaksin, NPWP, Kepemilikan Kendaraan, Data Kepegawaian BKN dan Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” terang Pj. Bupati. “IKD ini nanti akan memberikan informasi tentang kependudukan secara digital, tidak perlu kita harus membawa lagi KTP dan sebagainya,” ujar Pj. Bupati.

Dirinya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan mewakili Kepala Disdukcapil Katingan dan juga selaku Kepala Disdukcapil Kalteng mengharapkan kepada semua untuk mendukung program ini. “Karena program pemerintah pusat ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk memberi kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pj. Bupati mengajak semua untuk mendukung program Kementrian Dalam Negeri terkait dengan IKD tersebut. Kepada Kepala Disdukcapil Katingan dan jajarannya, diharapkan agar terus memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. “Terima kasih kepada pihak SMAN 1 Katingan Hilir yang telah memfasilitasi sosialisasi ini, kami mengharapkan nanti akan diikuti oleh SMA lainnya di Kabupaten Katingan,” ucapnya.

(ejk/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: