Kasus DBD Meningkat, Barito Timur Tetapkan KLB

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dr. Jimmy WS Hutagalung.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menetapkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sebagai kejadian luar biasa (KLB) menyusul tingginya temuan kasus DBD selama bulan Januari dan November 2023.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Timur, Jimmy mengatakan menetapkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dikarenakan adanya peningkatan dua kali lipat kasus DBD yang sudah masuk dalam unsur Klasifikasi KLB.

“Oleh karena itu, diharapkan kepada semua elemen masyarakat untuk melaksanakan 5M yakni mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan dan mengganti air di vas bunga mencegah jentik nyamuk,” ujar Kadis Kesehatan Jimmy, Rabu (22/11/2023).

Selain itu, adanya peningkatan hujan yang hampir tak diprediksi, sehingga sangat mudah nyamuk demam berdarah berkembang biak, seperti di genangan air bekas hujan.

“Karena dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Secara otomatis kita bisa terhindar dari wabah penyakit DBD,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: