Foto : Heri Purwanto

Pemerintah Kota Diminta Perkuat Program Ketahanan Pangan

PALANGKARAYA – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Heri Purwanto, mendorong pemerintah setempat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, untuk memperkuat program ketahanan pangan melalui pengembangan pertanian.

Implementasi dari program itu salah satunya dengan cara berkolaborasi dengan kementerian pertanian, guna mengoptimalkan pengelolaan lahan pertanian.

“Sudah sewajarnya Indonesia sebagai bangsa yang besar, mampu berswasembada sandang, pangan dan papan. Program ini harus diperkuat oleh pemerintah daerah,” katanya, Minggu (5/11/2023).

Menurutnya, ketersediaan lahan pertanian di kota setempat cukup besar, dengan karakteristik gambut dan rawa. Karakteristik lahan seperti itu menjadi tantangan tersendiri bagi dinas terkait dalam membangun sistem pertanian yang produktif.

“Tantangan tersebut sudah terbukti pengembangan pertanian di Kota Palangka Raya telah mampu menghasilkan produk pertanian berupa padi rawa dan produk hortikultura serta buah-buahan,” tukasnya.

Keberhasilan itu bisa dilihat pada kawasan pertanian yang berada di hulu dan hilir. Di Hulu ada dua kecamatan yakni Bukit Batu dan Rakumpit. Mayoritas di sana masyarakat menghasilkan produk pertanian hortikultura dan buah-buahan.

Selanjutnya di bagian hilir yang berada di Kecamatan Sabangau selain telah menghasilkan sayur-sayuran, saat ini telah dikembangkan penanaman padi rawa.(ap/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: