Wakil Gubenur Kalteng Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

 

PALANGKARAYA – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 langsung dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo Upacara berlangsung di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

“Hari ini kita melaksanakan Hari Kesaktian Pancasila ini kita jadikan momentum untuk mengenang para pahlawan revolusi yang telah gugur pada saat kegiatan G30S/ PKI. Tentunya makna yang kita ambil dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bahwa kita memiliki pedoman pandangan dasar persiapan negara untuk Pancasila,” ujar Edy, Minggu (01/10/2023).

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbudristek RI Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini diselenggarakan secara luring di kantor masing-masing, baik di tingkat Pusat, Pemerintah Daerah, Kantor Perwakilan RI di luar Negeri dan juga satuan pendidikan.

Selanjutnya, Edy juga menyampaikan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kali ini dilaksanakan di dalam ruangan, dikarenakan meningkatnya polusi asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah.

“Makna yang kita ambil dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ialah bahwa kita memiliki pedoman pandangan dasar filsafah negara yaitu Pancasila,” kata Wagub.

Ia berharap juga bahwa melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dari peristiwa G30S/PKI agar dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara, dan mengamalkan pancasila.

“Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini masyarakat Kalteng dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara dan mengamalkan pancasila. Dengan demikian, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat menjadi momen refleksi dan aksi positif bagi masyarakat Kalteng,” pungkas wagub.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: