BUMDes Mart Akan Beroperasi Di 10 Kecamatan

Foto : Salah Satu Bangunan Bumdes Mart di Kabupaten Barito Timur.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – BUMDes Mart merupakan salah satu inovasi dalam membangun desa melalui program BUMDes. Dengan program BUMDes ini dapat menjadi dasar pergerakan ekonomi desa dalam mencapai sasaran kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Pemerintah Desa dituntut untuk berinovasi dalam mencari alternatif potensi pengembangan usaha dalam menjalankan program BUMDes tersebut.

“Untuk permodalan mereka (BUMDes Mart) semuanya sudah siap,” kata Ampera A.Y Mebas, Rabu (18/1/2023).

Kemudian, BUMDes Mart ini merupakan milik pemerintah desa dengan sistem zonasi kecamatan. Diantaranya ada tiga lokasi BUMDes Mart yang di bangun pemerintah daerah yang akan di kelola 16 desa khusunya di Kecamatan Dusun Timur.

BUMDes Mart ini, selain menyediakan kebutuhan sembilan bahan pokok, juga kebutuhan lainnya, sehingga tentu akan memberikan kemudahan bagi warga dalam mendapatkan kebutuhan sehari-hari untuk keperluan keluarga.

Kata bupati, BUMDes Mart diharapkan menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan warga desa dengan memberikan harga bersaing.

Pembangunan dan pengembangan usaha BUMDes Mart diinisiasi. Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di setiap desa dan sebagai konsep untuk meningkatkan usaha dan pendapatan bagi pemerintah desa yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, untuk promosi produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pemerintah Kabupaten Barito Timur, menyediakan satu tempat yang berlokasi di areal Pasar Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur.

“Rencana awalnya bangunan itu untuk BUMDes Mart. Sekarang bangunan yang di pasar itu akan di fungsikan untuk promosi produk UMKM masyarakat,” ujarnya.

Perlu diingat tahun 2022 kemarin. Pemerintah Kabupaten Barito Timur, melalui Dinas PUPR Perkim membangun 14 BUMDes Mart di seluruh Kecamatan. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: