Orangtua Murid Diberi Wawasan Terkait Stunting

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Orangtua atau wali peserta didik di TK Islam Taman Hati rutin mengikuti pertemuan yang diadakan sebulan sekali dari pihak sekolah.

“Sebulan sekali kami rutin melakukan pertemuan di sekolah, tujuannya untuk menyamakan persepsi dalam hal memberikan pembelajaran kepada anak,” kata Kepala TK Islam Taman Hati, Nita, Jumat 13 Januari 2023.

Tidak hanya itu, program sekolah dan permasalahan stunting juga diberikan. Hal ini bertujuan agar para orangtua mengetahui apa itu stunting dan cara mencegahnya.

“Karena anak usia TK atau usia sekolah ini merupakan pondasi awal dan harus dijaga pertumbuhannya agar tidak terkena stunting. Salah satu dampaknya adalah mempengaruhi pembelajarannya nanti,” ucap Nita.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa usia lahir sampai dengan delapan tahun adalah usia yang sangat penting bagi pembentukan fondasi dari berbagai kemampuan dasar anak.

“Pendidikan Anak Usia Dini sangat diperlukan dan menjadi penting, termasuk TK. Mendidik anak usia dini dapat berdampak positif secara holistik pada tumbuh kembang anak, baik dari kemampuan motorik, kognitif, maupun kemampuan sosial emosional,” jelasnya.

Pendidikan anak usia dini, ujarnya, adalah pijakan pertama anak di dunia pendidikan dan titik awal perjalanannya dalam berkembang dan berperan di masyarakat, negara, dan dunia. Maka pengalaman anak di pendidikan awal sangatlah penting.

“Apabila pengalaman belajar yang mereka alami di pendidikan awal tidak menyenangkan, maka tidak akan ada rasa positif terhadap belajar yang kemudian menjadi bekal mereka dalam melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya,” pungkas Nita. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: