Foto : Asisten I Setda Gumas Lurand sedang membuka kegiatan Pokjanal di GPU Damang Batu, Senin (21/11).

Tingkatkan Kualitas Manajemen Pokjanal Posyandu

L

Foto : Asisten I Setda Gumas Lurand sedang membuka kegiatan Pokjanal di GPU Damang Batu, Senin (21/11/2022).

 

BERITAKALTENG.COM, KUALA KURUN – Dalam upaya memperkuat koordinasi. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gunung Mas (Gumas)  menggelar rapat Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal). Senin (21/11/2022).

“Berdasarkan SE Mendagri dan Otonomi Daerah Nomor 411.3/ 1116/SJ Tahun 2021 tertanggal 13 Juni 2021 tentang pedoman umum revitalisasi Posyandu yang meminta diaktifkan kembali Pokjanal ke dua Posyandu di semua tingkatan administrasi pemerintahan Desa,” ucap Sekda Gumas Yansiterson melalui Asisten I Lurand. 

Tujuan kegiatan ini, jelas dia juga untuk meningkatkan kualitas manajemen Pokjanal Posyandu. Kemudian, membahas pelaksanaan pengembangan pengintegrasian layanan sosial dasar melalui Posyandu meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

“Dengan rapat ini juga kita menyamakan persepsi antara anggota dalam kelembagaan Pokjanal Posyandu, dan meningkatkan kepedulian OPD terkait untuk menyikapi permasalah-permasalahan pembinaan dan Pengembangan Posyandu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Slamet Kristiawan menjelaskan tujuan kegiatan, pertama meningkatkan kualitas manajemen Pokjanal Posyandu, membahas pelaksanaan pengembangan pengintegrasian layanan sosial dasar melalui Posyandu yang meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

“Lalu untuk jumlah perserta rapat pertama Tim Pokjana Posyandu Kabupaten ada, 23 orang, Camat ada 12 orang, Lurah ada 13 orang, kepala desa ada 114, panitia rapat Pokjanal ada 13 orang sehingga berjumlah 175 orang,” pungkasnya.(ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: