Foto : Pemerintah Provinsi Kalteng secara simbolis memberikan bingkisan ikan kepada anak anak

Pemerintah Provinsi Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan Masyarakat

Foto : Pemerintah Provinsi Kalteng secara simbolis memberikan bingkisan ikan kepada anak anak

 

BERITAKALTENG.COM, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terus mendorong konsumsi ikan masyarakat melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Upaya tersebut dibuktikan dengan gencarnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) memberikan perhatian khusus pada peningkatan konsumsi protein untuk Kesehatan masyarakat dengan mengkonsumsi ikan pada masa pandemi Covid-19 ini.

Sesuai arahan Gubernur Kalteng, peningkatan konsumsi ikan di kalangan masyarakat dapat didorong dengan cara-cara kreatif agar ikan yang memiliki kandungan gizi yang sangat bagus dapat diminati dikalangan masyarakat karena disatu sisi ikan di Kalteng mudah didapat. Bahwa rata-rata kenaikan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kalteng sebesar 3,99 persen, AKI Kalteng pada tahun 2021 telah mencapai 55,51 kg/kapita dan lebih baik dibanding dengan AKI Nasional sebesar 55,37 kg/kapita.

Untuk meningkatkan minat anak-anak dalam mengkonsumsi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) dalam rangka memeriahkan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-9 laksanakan Safari Gemarikan dengan membagikan paket makanan olahan serba ikan ke 7 Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Belajar (KB) yang ada di Kota Palangka Raya, Kamis (17/11/2022).

Pada kesempatan ini juga dibagikan sebanyak 230 Paket Olahan berbahan dasar ikan berupa Pentol Ikan, Sempol Ikan, Amplang Tenggiri, Stik Tenggiri dan Kerupuk yang akan dibagikan kepada anak didik dan guru pendamping di TK/KB Intan Sari, TK Tunas Rimba I, TK Beringin II, TK Parentas Kaharap, TK Bakuwu dan TK Dahlia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng Darliansjah saat ditemui, berpesan agar para ibu dapat meningkatkan kreatifitas dalam mengolah dan menyajikan menu serba ikan agar dapat dinikmati semua keluarga terutama anak-anak karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi yang sangat bagus untuk masa pertumbuhan.

“Diharapkan agar rangkaian kegiatan Safari Gemarikan bukan hanya sebagai acara seremonial saja tetapi harus dapat memberi dampak bagi masyarakat dalam mengkonsumsi ikan khususnyauntuk pertumbuhan otak anak-anak, ibu hamil dan menyusui, ayo gemar makan ikan karena ikan menyehatkan dan mencerdaskan untuk generasi unggul untuk mewujudkan Kalteng BerAKHLAK penuh keBERKAHan,” pungkas Darliansjah.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: