Foto : Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryaki.

Sekda Buka Kegiatan Rakorda Peningkatan Wirausaha

Foto : Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryaki.

 

BERITAKALTENG.COM, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin  membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Dinas Koperasi se-Kalteng dan Workshop Menggali Ide Bisnis Bagi Wirausaha Pemula Tahun 2022, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, Rabu (16/11/2022).

Sekda mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan forum yang sangat strategis untuk membangun, meningkatkan, dan memperkuat sinergisitas, serta kerja sama antara Pemerintah pusat dan daerah, dalam kerangka integrasi, sinkronisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Wirausaha merupakan motor penggerak dalam pembangunan negara dalam hal memajukan ekonomi bangsa dan negara, meningkatkan taraf hidup masyarakat, ikut mengurangi pengangguran serta mampu membantu mengentaskan kemiskinan,” jelasnya.

Lebih lanjut Sekda menambahkan, dengan luas wilayah 153.564 km2, Provinsi Kalteng saat ini menjadi provinsi terluas se-Indonesia, dengan jumlah penduduk 2.702.170 Jiwa. Jumlah UMKM di Provinsi Kalteng terus mengalami peningkatan sampai dengan tahun 2022 sebanyak 121.458 UMKM, jumlah ini akan terus meningkat di tengah pertumbuhan ekonomi dan atensi Pemerintah terhadap UMKM.

“Perkembangan jumlah koperasi sampai periode bulan November 2022 adalah sebanyak 3.539 unit, dimana koperasi aktif berjumlah 2.857 unit dan tidak aktif 682 unit, yang telah disesuaikan dalam Online Data System (ODS) Kementerian Koperasi dan UKM RI,” sebutnya.

Selain menggiatkan kembali koperasi, Sekda menyebut, Pemprov. Kalteng juga sedang membangun suatu sistem informasi untuk melakukan inventarisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas bagi para pelaku UMKM se-Kalteng melalui Sistem Informasi TABE (Tangan Berkah).

“Kita berharap kegiatan ini diikuti dengan baik, sehingga memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para Pembina Koperasi dan UKM se-Kalimantan Tengah, serta mampu diimplementasikan untuk memajukan koperasi dan UMKM,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalteng Norhani menyampaikan dalam laporannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi dan peran koperasi UMKM dalam perekonomian daerah; meningkatkan laporan akuntabilitas kinerja Perangkat Daerah; menginventarisir permasalahan koperasi maupun UMKM kabupaten/kota; serta menggali wirausaha pemula yang ada di Kalteng.(ae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: