FOTO :

Pelatihan Literasi Digital, Willy Yoseph Ajak Generasi Muda Tangkal Berita Hoak

FOTO : Kegiatan Pelatihan Literasi Digital yang dihadiri ratusan peserta dari perguruan tinggi yang ada di Kota Palangkaraya

 

BERITAKALTENG.COM, PALANGKARAYA – sebagai bentuk kepedulian kepada Generasi Muda secara khusus daerah di Kalimantan Tengah. Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi (BRIN) mengadakan kegiatan Pelatihan, Jum’at (4/11/2022).

Kegiatan pelatihan dengan mengangkat tema “ LITERASI DIGITAL” ini mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat khususnya bagi kalangan kaum terpelajar dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Kota Palangkaraya.

Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah, Dr.Ir. Willy M. Yoseph menyampaikan bahwa Literasi digital sangat penting bagi kehidupan sehari-hari agar generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa paham dan mengerti mana informasi yang harus diterima dan yang harus dicari kembali sumber kebenarannya. 

“Semakin canggihnya teknologi dan informasi semakin banyak pula oknum yang tidak bertanggung jawab dengan informasi yang mereka posting seperti menebar Hoak, ujaran kebencian dan sebagainya,” kata Willy

Mantan Bupati Murung Raya ini juga menyampaikan, dengan adanya pemahaman dan penerapan literasi digital akan membuat generasi muda dapat berpartisipasi di era dunia modern sekarang ini. 

Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif. Sehingga, masyarakat tidak mudah tertipu yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks. 

“Intinya, dalam kondisi saat ini, masyarakat siap atau tidak siap harus menerima kondisi ini dan terus berusaha beradaptasi dengan situasi dan mempelajari digital dan cara kerjanya yang benar,”

“Demi memperkuat dan membekali masyarakat Kalimantan Tengah. Pihak Komisi VII DPR RI akan melaksanakan 17 Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pelatihan lagi” bebernya menambahkan.

Dirinya berharap Mahasiswa dan pelajar sebagai generasi muda yang sudah beradaptasi dengan era teknologi digital, diharapkan mampu memberikan edukasi terhadap masyarakat terutama menangkal berita hoaks. 

Masih dikegiatan yang sama, Fungsional Pranata Humas Muda BRIN, Wahyu Setiyadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui pemanfaatan riset dan inovasi oleh masyarakat.

“ Riset dan inovasi menjadi pendorong utama dalam memberikan solusi untuk permasalahan di tingkat masyarakat. Adapun sasaran kegiatan ini adalah peningkatan pemanfaatan hasil riset dan inovasi melalui diseminasi,”

“meningkatkan kapasitas SDM di masyarakat melalui pemanfaatan riset dan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat,” kata Wahyu di Aula Golden Christian School Palangkaraya.

Kegiatan pelatihan terkait LITERASI DIGITAL ini ujarnya menambahkan menghadirkan narasumber yakni Dr. Karman, S.Sos,Msi. Pihaknya berharap riset dan inovasi mampu memberikan nilai tambah terhadap benefit ekonomi pada kegiatan produksi yang dilakukan oleh masyarakat melalui UMKM.(a2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: