FOTO : Wakil Komisi II DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan sedang melakukan pengecekan jalan Kurun Palangka Raya yang terjadi longsor, belum lama ini.

Dewan Dorong Bupati Gumas Cabus Izin PBS Tidak Komitmen Terhadap Daerah

FOTO : Wakil Komisi II DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan sedang melakukan pengecekan jalan Kurun Palangka Raya yang terjadi longsor, belum lama ini.

 

BERITAKALTENG.COM, KUALA KURUN – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sangat mendukung dengan pernyataan dari Bupati Gumas Jaya S Monong, yang menutup jalan Kurun-Palangka Raya yang sekarang dilalui oleh angkutan hasil dari perusahanan besar swasta (PBS) mulai dari Perkebunan, Kehutanan dan Pertambangan.

Wakil Komisi II DPRD Gumas, Rayaniatie Djangkan menyatakan, mendukung pernyataan dari Bupati yang menutup Jalan dan karena hampir setiap detik selalu dilalui oleh truk PBS. Maka ia pun mendorong pemerintah daerah, agar mencabut izin dari operasi perusahan itu.

“Atas tindakan Bupati Gumas, yang menutup jalan Kurun-Palangka Raya, kami sangat mendukung sekali hal itu, karena komitmen PBS terhadap perbaikan jalan tidak sesuai dengan kesepakatan, dan kalau memungkinkan dan memang kewenangan dari Bupati kalau bisa cabut ijin mereka,” ucap Rayaniatie Djangkan, Rabu (2/11/2022).

Menurut politisi yang berasal dari pemilihan (dapil-I) meliputi Kurun, Mihing Raya dan Sepang ini berujarnya, untuk komitmen dari perusahaan terhadap perbaikan jalan Kurun Palangka Raya, dinilainya tidak ada dan tidak sesuai dari kesepakatan dibuat.

“Padahan kesepakatan awal dari PBS itu sampai melakukan perbaikan yaitu aspal, tetapi yang sampai sekarang tidak ada komitmen, hanya seperti itu-itu saja,” ujar dia.

Karena itulah, dia menyarankan kepada para PBS agar membuat jalan sendiri. Karena, selama ini truk yang melalui Jalan Kurun Palangka Raya hanya menyensarakan masyarakat, baik debu hingga jalan terjadi kerusakan.

“Untuk PBS silahkan buat jalan mereka sendiri, karena selama ini pun tidak ada juga kontribusi buat masyarakat Gunung Mas, bahkan perusahan itu kami melihat hanya mengejar keuntungan bagi mereka saja,” pungkas dia.(ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: