Kerukunan Utus Damang Bahandang Balau Kalimantan tengah (KUDBB-KT) Supendi Eden

Harapkan Pemerintah Dukung Pembangunan Pasah Karamat Raja dan Betang Damang Bahandang Balau

Foto : Ketua Umum Kerukunan Utus Damang Bahandang Balau Kalimantan tengah (KUDBB-KT) Supendi Eden

Beritakalteng.com, Palangka Raya – Kerukunan Utus Damang Bahandang Balau Kalimantan tengah (KUDBB-KT) salah satu organisasi masyarakat (ormas) Dayak yang lahir di Provinsi Kalteng.

KUDBB-KT peduli dengan warisan budaya yang dimiliki para leluhur, yang tertuang ke dalam program kerjanya yaitu membangun Betang Damang Bahandang Balau di Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Tahun 2023.

Selanjutnya pembangunan pasah karamat Raja di lokasi pembangunan Betang Damang Bahandang Balau pada bulan September tanggal 23 sampai 24 tahun 2022.

Ketua Umum KUDBB-KT, Supendi Eden, yang juga merupakan keturunan Damang Bahandang Balau, menceritakan bahwa Damang Bahandang Balau adalah tokoh dayak yang sangat dikenal oleh masyarakat di DAS Barito dan Kapuas, dan menjadi suatu kebanggan karena merupakan sosok yang disegani.

Selain sosok yang memiliki ilmu sangat sakti pada masa itu, sebelum penjajahan, Damang Bahandang Balau dalam kehidupan kesehariannya suka berkelana hingga banyak memiliki keturunan dibeberapa wilayah, seperti di Kabupaten Katingan, Gunung Mas, dan Barito.

“Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Damang Bahandang Balau memiliki isteri sebanyak 41 orang,” imbuhnya.

Supendi mengatakan, pembanggunan situs tersebut akan diawali dengan pembangunan “Pasah Kramat” yang menandakan bahwa disitu telah ada leluhur suku Dayak yang sangat dibanggakan serta dihormati dalam membela sukunya.

Kegiatan pembangunan situs tersebut, sebagai bentuk kecintaannya kepada para leluhur serta budaya daerahnya, yaitu kebudayaan suku Dayak yang telah melekat di dalam tubuhnya.

Pembangunan Betang Damang Bahandang Balau tersebut tentunya tidaklah murah, diperkirakan akan menelan dana Rp2,5 Milyard, dengan ukuran bangunan yaitu lebar 8 meter dan panjang 13 meter.
Sejauh ini dana pembangunan didapat dari dana swakelola keturunan Damang Bahandang Balau itu sendiri, serta para donatur yang peduli akan kebudayaan Dayak.

“Kami berharap Pemerintah Provinsi Kalteng juga Kabupaten Kapuas, agar bisa mengalokasikan dana untuk pembangunan Betang Damang Bahandang Balau di Tahun 2023,” harapnya.

Dengan terbangunan Betang tersebut bisa menjadi tempat objek wisata di kecamatan Dadahup kabupaten Kapuas.

“Ini akan menjadi daya tarik, Karena DPP KUDBB-KT mengangkat budaya di kalimantan tengah terutama tentang Damang Bahandang Balau yang merupakan tokoh dan cikal bakal orang di kalimantan tengah di tahun 1.400,” tutur Supendi.

Tambahnya, diperkirakan target selesai pembangunan Pasah Kramat pada bulan September 2022 dengan berbarengan acara Deklarasi Keturunan Utus Damang Bahandang Balau Kalimantan Tengah, di Dadahup.
Adapun rangkaian acara deklarasi tersebut, berlangsung selama tiga hari, tanggal 28 hingga 30 September 2022.

Acara tersebut dihadiri dari seluruh pengurus KUDBB, tingkat DPP, DPD dan DPC setiap daerah Kalimantan Tengah. (rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: