Foto : Staff Ahli Gubernur Kalteng, Suhaimi Ketika Membuka Kegiatan BPMDes di Aquarius Hotel Palangka Raya.

BPMDes Provinsi Kalteng Tingkatkan Pengembangan Potensi Desa Wisata

Foto : Staff Ahli Gubernur Kalteng, Suhaimi Ketika Membuka Kegiatan BPMDes di Aquarius Hotel Palangka Raya.

Beritakalteng.com, Palangka Raya – Keberadaan desa di Indonesia menjadi salah satu aspek dalam pembangunan Nasional sebagai pengamalan Pancasila yang mencakup seluruh aspek kehidupan bangsa diselenggarakan bersama oleh masyarakat dan Pemerintah.

Adapun tujuan berdasarkan pembangunan yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan membentuk kemandirian, termasuk pembangunan pedesaan. Oleh karena itu, titik sentral pembangunan merupakan wilayah pedesaan.

Melalui Dinas PMDes Provinsi Kalimantan tengah, Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengembagan Potensi Desa Wisata. Selasa, 23/08/2022.

Dalam kesempatan ini Staff Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Suhaimi langsung membuka dengan resmi kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam Sambutannya Suhaimi menyampaikan, pengembangan potensi desa dapat dilakukan ke arah pengembangan wisata sebagai salah satu strategi peningkatan PADes. Pengembangan wisata dapat di lihat dari berbagai aspek, baik dari alam budaya ataupun dibuat sedemikian rupa sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

“Desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian, dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata diwilayah masing-masing desa,” tandasnya.

Ditambahnya desa wisata merupakan salah satu atraksi wisata yang dapat dikembangkan serta memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

“Dalam membangun desa wisata hal yang penting ialah sebuah komitmen antara Pemerintah serta aparat desa, tokoh masyarakat dan organisasi desa untuk menjadikan desa sebagai desa wisata,” tambah Suhaimi. (Rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: