FOTO : kegiatan Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh FISIPOL UPR dan IAPA, Selasa (5/07/2022)

Bahas Peran Strategis Daerah Penyangga IKN, FISIPOL UPR dan IAPA Gelar Seminar Nasional

FOTO : kegiatan Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh FISIPOL UPR dan IAPA, Selasa (5/07/2022)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Provinsi Kalimantan Tengah memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, dengan luasan wilayah 153.564 Km² dan jumlah penduduk berkisar 2,6 juta jiwa berpotensi besar menjadi daerah penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut menjadi salah satu tujuan dilaksanakanya seminar nasional dengan mengusung tema Peran Strategis Daerah Penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara ‘Peluang dan Tantangan’, Selasa (05/7/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut (PPIIG) Universitas Palangka Raya (UPR) tersebut merupakan inisiasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya (Fisipol UPR) bekerjasama dengan Indonesia Association For Public Administration (IAPA).

Hadir sejumlah narasumber ahli yakni Dr. Agus Rubianto Rahman, MM, ME, dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP – BRIN), Ketua Otorika IKN Nusantara Bambang Susantono yang hadir secara virtual.

Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Ir. Herson B. Aden, M.Si, serta Dr. Sidik Rahman Usop selaku Akademisi UPR

Ketua Panitia Pelaksana, Imanuel Jaya, SAP, MAP, saat dikonfirmasi disela berlangsungnya kegiatan Seminar Nasional menyampaikan, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Universitas Tanjungpura dan Universitas Kapuas Sintang Kapuas dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) serta Fisipol UPR sebagai tuan rumah.

“melalui Seminar Nasional ini kita berharap semua unsur yang tergabung dalam pentahelic, baik itu Pemerintah Daerah, masyarakat, pengusaha hingga media massa bisa berpartisipasi,” kata Imanuel.

Ketua Prodi Administrasi Negara Fisipol UPR ini juga berharap, kedepannya Kalteng tidak cuma menjadi penonton, mengingat daerah disekitar IKN berpeluang besar menjadi daerah penyangga IKN Nusantara.

Staff Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemprov Kalteng, Ir. Herson B Aden, M.Si mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas dan mampu bersaing secara global merupakan faktor yang sangat penting dalam kesiapan menjadi daerah penyangga IKN Nusantara

“Melalui pengembangan SDM unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik serta mental, maka akan berdampak positif tidak hanya dalam segi daya saing serta kemandirian bangsa. Tetapi berdampak positif juga terhadap pembangunan Bumi Tambun Bungai, sebagai salah satu wilayah penyangga IKN Nusantara,” kata Erson.

Peningkatan kualitas SDM juga memiliki pengaruh besar dalam mendukung program strategis nasional. Dimana Provinsi Kalteng dipercayakan oleh Pemerintah Pusat RI sebagai salah satu wilayah pengembangan Food Estate, guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Dengan adanya peningkatan kualitas dan kapasitas SDM, masyarakat akan turut mensukseskan program strategis nasional, bahkan mampu menyerap tenaga kerja yang notabene masyarakat lokal, yang tentunya bermuara pada peningkatan kualitas perekonomian di Kalteng,”tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir perwakilan Universitas Tanjungpura dan Universitas Kapuas Sintang Kapuas dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP). (a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: