Program Pamsimas di Beberapa Wilayah Tidak Efektif

Foto : M. Fahrudin Anggota DPRD Katingan

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan menyoroti kegagalan Program Penyedia Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di beberapa wilayah.

Seperti yang disampaikan M. Fahrudin, rabu (22/6/2022) pagi di kantor DPRD menyebutkan bahwa dibeberapa wilayah pelaksanaan program tersebut bisa dikatakan mengalami kegagalan.

Anggota DPRD ini meminta agar pihak instasi terkait dalam hal ini Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Katingan bisa turun langsung untuk menangani hal tersebut.

“Pihak dinas terkait harus segera turun tangan menangani permasalahan, meningat proyek dengan anggaran sekian milyard tersebut bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,”Pintanya.

Proyek tersebut sudah tiga tahun lamanya berjalan lanjut Fahrudin, sehingga sangat disayangkan jika tidak benar-benar dikelola dan dirasakan manfaatnya kepada masyarakat.

Bahkan dirinya menyebutkan bahwa tidak terlaksana secara maksimal program tersebut lantaran Berbagai alasan dikemukakan diantaranya belum ada penyerahan asset dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, jaringan pipa yang rusak bahkan baru-baru ini terungkap fakta, seorang oknum aparat desa memberi sampel air palsu untuk mengelabui petugas uji laboratorium agar hasil air layak konsumsi.

“Hal semacam ini mengakibatkan masyarakat tidak dapat merasakan program yang ditetapkan pemerintah, yang seharusnya program itu bisa membantu dalam penyediaan air bersih namun malah sebaliknya,”Pungkasnya.

(tobu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: