Ketua Dewan Dukung Penuh Industri Hilir

FOTO : Ketua DPRD Kabupaten Kotim, Dra. Rinie bersama Wakil Ketua I, H. Rudianur dan Wakil Ketua II H Hairis Salamat dan Anggota DPRD Hendra Sia saat menghadiri acara.

BERITAKALTENG.comSAMPIT – Rencana Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan membangun industri hilir, seperti pembangunan pabrik porang, minyak, Gula maupun yang lainnya mendapat dukungan dari kalangan DPRD Kotim.

Ketua DPRD Kabupaten Kotim, Dra Rinie mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah dan keinginan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, karena industri hilir sangat penting, sebab daerah ini masih bergantung dengan daerah lain dan akibatnya Sumber Daya Alam daerah ini milik selalu dibawa keluar daerah.

“Kami sangat mendukung keingin pemerintah daerah untuk pembangunan industri hilir di Kabupaten Kotim. Hal ini tentunya menjadi solusi dan juga alternatif terutama sekali untuk kesejahteraan dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta mengurangi angka pengangguran di daerah ini,” kata Rinie, Selasa (14/6/2022).

Menurutnya pembangunan Daerah Kabupaten Kotim kedepannya diarahkan pada hilirisasi industri, maka dengan adanya industri hilir itu dapat mendukung penguatan ekonomi kerakyatan dan berdampak pada ekonomi kawasan, karena arah pembangunan tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kotim.

“Kami berharap dengan adanya pembangunan industri hilir itu dapat peningkatan daya saing sumber daya manusia dan tenaga kerja, peningkatan nilai tambah dan daya saing produk komoditi unggulan daerah, optimalisasi sumbersumber pendapatan daerah, penataan perizinan dan pengendalian investasi,” ujar Rinie.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini juga mengatakan pembanguna Industri hilir juga untuk penguatan konektivitas dan pemerataan pelayanan infrastruktur dasar, peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan penataan ruang, peningkatan kinerja tata kelola pemerintah daerah dan kualitas pelayanan publik, pemulihan ekonomi serta perbaikan kondisi sosial masyarakat akibat pandemi Covid-19.

“Pemerintah pusat sendiri melalui kementerian perindustrian sejak beberapa tahun terakhir ini memprogramkan hilirisasi industri, maka dengan adanya pembangunan industri hilir di Kabupaten Kotim dapat memperkuat struktur industri, menyediakan lapangan kerja dan memberi peluang usaha,” tutupnya. (bm/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: