Gala Champion Seri 1 Tahun 2022, Sarna UFC dan Madrid SAH Rebut Posisi Level 1

FOTO : Sejumlah Anggota UFC ketika foto bersama dengan Ayah Haji, Sabtu (04/6/2022)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Setelah menghasilkan para angler dengan menyandang gelar Master Level di ajang bergengsi Gala Champion Antar Level belum lama ini. Pengurus Pemancingan Datu Mangku Palangka Raya kembali menggelar tournament Gala Champion Seri 1, Sabtu (04/6/2022).

Selain mempererat tali silaturahmi antar para pemancing. Ajang ini  juga momentum dari para angler menunjukan prestasinya dengan bertanding untuk mengejar target ikan patin terberat.

“Silaturahmi antar angler merupakan salah satu tujuan dilaksanakanya kegiatan. Kita juga berharap, melalui event ini dapat melahirkan engler-angler berprestasi,” kata H. Syahidan salah satu pembina di Pemancingan Datu Mangku.

Seperti biasa, di laga Gala Champion Seri 1 tahun 2022 ini, diikuti oleh puluhan angler baik yang berasal dari luar maupun dari Kota Palangka Raya.

Antusias para peserta cukup tinggi. Hal ini terlihat banyakanya para anger pendatang baru yang turut berpartisiasi memeriahkan pertandingan Gala Champion Seri 1 tahun 2022.

Untuk target ikan patin dalam kegiatan ini, kata Ayah Haji menambahkan yakni sebanyak 100 kg dengan lama kegiatan lebih kurang 3 jam.

“untuk seluruh peserta, selamat bertanding dan tetap semangat. Jaga kekompakan dan silaturahmi antar angler,” jelas Ayah Haji sapaan akrabnya.

Kendati angler yang lain belum berkesempatan merahih juara di Seri 1 ini. Namun, jelas Ayah Haji lebih dalam, tidak menutup kemungkinan angler yang lain berpeluang besar menyandang posisi Level di tournament seri-seri berikutnya.

“jadi untuk angler di posisi level, hanya dipilih untuk juara 1 dan juara 2 dari 4 peserta yang berhasil menjuarai Gala Champion dimasing-masing Seri nya. Tapi kalau angler yang sama pemperoleh juara di seri berikutnya, secara otomatis yang bersangkutan akan naik Level,” kata Ayah lebih dalam.

FOTO : Kegiatan GC Seri 1 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Pemancingan Datu Mangku, dan pembagian hadiah bagi angler yang berhasil meraih juara.

Hal senada disampaikan salah satu pembina Pemancingan Datu Mangku Kota Palangka Raya, Agus Muliyawan ketika diwawancarai menjelaskan sedikit terkait aturan permainan Gala Champions (GC) bahwa event ini merupakan salah satu ajang bergengsi bagi para angler Kolam Pemancingan Datu Mangku untuk menunjukkan prestasi angler dan eksistensinya dalam dunia pemancingan dengan mengejar target ikan patin terberat.

“Setiap peserta GC wajib membeli tiket pendaftaran sebagai peserta. Peserta yang mengundurkan diri wajib memberitahukan kepada Admin penerima Pendaftaran GC,” beber Agus Shino panggilan akrabnya.

Peserta dapat menggantikan nama peserta yang mengundurkan diri sebelum pelaksanaan GC dengan melakukan konfirmasi ke Admin penerima Pendaftaran GC dan sah sebagai peserta GC apabila namanya telah masuk dalam list daftar peserta.

Peserta yang berhalangan atau tidak hadir saat pelaksanaan GC, boleh digantikan orang lain yang bukan merupakan peserta GC yang telah terdaftar.

“Setiap babak akan diambil 2 (dua) orang pemenang yang memperoleh  ikan terberat pada setiap pekannya dan berhak menempati list GC. Setiap peserta hanya bisa mengisi 1 nama pada list yang sudah ditentukan,”

“Jika peserta ternyata mendapatkan ikan terberat dan masuk List GC pada dua babak putaran GC berturut-turut maka diambil bobot ikan yg paling berat  dengan melihat posisi peringkat ikan yang didapat oleh peserta lain, bebernya menambahkan.

Peserta yang sudah masuk list jelasnya lebih dalam, pada babak sebelumnya hanya dapat memperbaiki bobot berat ikan apabila pada babak berikutnya memperoleh juara 1 (satu) dan Juara 2 (dua).

Untuk pemenang Omset berlaku untuk 2 orang dengan aturan jumlah paling banyak dari total keseluruhan ikan yang didapat secara sah selama 4 babak GC. Apabila terjadi perolehan banyak yang sama maka Juri menghitung jumlah berat secara keseluruhan diantara ikan yang di dapat peserta dimaksud. Ikan kategori yang didapat secara sah (kail di mulut ikan).

Apabila peserta yang masuk list GC memperoleh ikan target dalam jumlah banyak maka perhitungan ikan target tersebut akan dikurangi sebanyak 1 ekor. Jika terjadi berat ikan yang didapat diantara dua peserta sama beratnya, maka yg dimenangkan adalah peserta dengan durasi waktu strikenya yang lebih cepat.

Jika target ikan terpenuhi sebelum waktu yg telah ditentukan, maka pertandingan tetap dilanjutkan sampai selesai durasi waktunya 3 jam dengan ketentuan ikan yang didapat selanjutnya akan dikarantina. Pemenang Gala Harian ditetapkan pada saat berakhirnya durasi dengan waktu 3 jam.

“jadi setiap hari dalam seminggu kita bisa mengumpulkan para angler. Ya kita ketahui, setiap angler punya kesibukan sendiri-sendiri, jadi salah satu cara bisa mengumpulkan para angler kita yakni dengan event perlombaan seperti ini,” kata Agus Shino.

Menururnya, semua memiliki peluang yang cukup besar untuk menyandang peringkat level di masing-masing serinya. Teruslah berusaha. selain faktor keberuntungan, kepiawaiaan dalam meracik umpan juga sangat mempengaruhi perolehan ikan.

Seperti biasa, aturan dalam kegiatan lomba, setiap sesinya tidak diperbolehkan menggunakan
umpan yang berbau busuk atau menyengat serta tidak menggunakan bom bandul, mengangkat joran milik peserta lain maupun berpindah lapak, menggunakan rangkaian kail lebih dari satu mata kail.

Ikan yang berhasil diangkat para peserta dianggap tidak sah, jika mata kail terlepas pada mulut ikan pada saat dilakukan penyerokan oleh petugas.

Gala Champion Seri 1 tahun 2022 untuk angler yang berhasil meraih juara yakni juara pertama atas nama Sarna UFC dengan berat ikan patin yang berhasil diangkat secara sah sebanyak 3,080 Kg.

Juara kedua atas nama Madrid SAH dengan berat ikan patin yang berhasil diangkat secara sebanyak 2,930 kg. Juara ketiga atas nama D’ Bilqiss dengan berat ikan patin yang berhasil diangkat secara sebanyak 2,545 kg, dan Juara keempat atas nama Aji King dengan berat ikan patin yang berhasil diangkat secara sebanyak 2,60 Kg.

Angler atas nama Sarna UFC dan dengan berat ikan patin yang berhasil diangkat secara sah sebanyak 3,080 kg, dan Madrid SAH dengan berat ikan patin yang berhasil diangkat sebanyak 2,930 kg masuk diposisi Level 1 di sesi pertama di Gala Champions Seri 1 Tahun 2022.

Sedangkan untuk juara Nomi C1 atas nama Sarna UFC, C2, Madrid SAH, C3. D’Bilqiss. untuk Omset 1 atas nama Elling SAH dengan ikan patin berhasil terangkat sebanyak 12 Ekor, omset 2 atas nama Sintak IPN dengan dengan ikan patin berhasil terangkat sebanyak 12 ekor.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: