Antusias Masyarakat Saksikan Pegelaran seni dan budaya jilid II

FOTO : Pegelaran seni dan budaya jilid II atau Palangka Raya Menari #2

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Pegelaran seni dan budaya jilid II atau Palangka Raya Menari #2 dengan tema ‘Hambaruan’ di Betang Eka Tingang Nganderang mendapat antusias yang cukup tinggi.

Terutama dari kalangan muda-mudi yang menyaksikan pagelaran seni dan budaya, memperingati hari tari dunia (Word Dance Day) yang di prakarsai Sanggar Seni Balanga Tingang tersebut.

Antusia juga datang dari 200 lebih partisipan pelaku seni, seniman dan komunitas budaya yang tergabung dalam 22 komunitas budaya dari Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas.

Penampilan atau atraksi kaum pelaku seni ini juga disaksikan secara daring (live streaming), via media sosial Instagram Sanggar seni Balanga Tingang (SGRBALANGATINGANG)  dan juga media sosial pelaku seni, seniman, dan komunitas budaya yang terlibat dalam partisipan.

Panitia pelaksana yang juga pimpinan Sanggar Balanga Tingang Eka Noviana P.Laman kesempatan tersebut menyampaikan rasa bahagia dan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi dan Kota Palangka Raya, UPT.Taman Budaya, Lembaga Kebudayaan, Ketum dan Pengurus DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng, Pemerintah Kota Palangka Raya, 
Dewan Kesenian, tokoh masyarakat, seniman, budayawan, komunitas budaya, dukungan Hj Umi Mustikah, Ikatan Alumni Balanga Tingang, Sponsorhip dari ILY, media Patner dan masyarakat yang sangat mendukung dan menonton acara pegelaran seni budaya tersebut.

“Palangka Raya menari adalah event unggulan tahunan sanggar Seni Balanga Tingang yang di selenggarakan bertepatan dengan momen peringatan hari tari sedunia tanggal 29 April setiap tahunnya,” ucap Novi, Jumat (29/4) malam.

Acara ini ucap dia juga bentuk apresiasi kepada pelaku dan seniman tari seluruh dunia serta ruang silahturahmi untuk bersama menjaga, melestarikan seni budaya.

Konsep kegiatan ucapnya lintas etnik dan lintas wilayah yaitu menyajikan ragam tari tradisi maupun kontemporer.

Disampaikan 22 pelaku seni, seniman dan komunitas budaya yang terlibat yakni SSB.Bukit Kahias, Tunjung Nyaho, Darung Tingang, Marajaki, Antang Batuah, Kahanjak Huang, Riak Renteng Tingang, Sekar Jagat, Hagatang Tarung, Igal Jue, Bawi Bahalap, Layu Pintaruan (Kab.Bartim), Tingang Menteng, Barongsai Singa Langit, Dapur Tari Abib Igal, Institut Tingang  Borneo Teater, Borneo Lovely Line Taheta, Perkumpulan Silat Kuntau Dayak Haur Bahenda (Kab.Kapuas), T-Zee, Sangar Balanga Tingang, MC.Car Risza Haitami.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng, Natalia mengapresiasi kegiatan Palangka Raya Menari #2   ini.

Natalia juga mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana yang sangat luar biasa dari Sanggar Balanga Tingang serta semua pendukung acara serta pelaku seni, seniman dan komunitas yang bekerja keras dan sangat antuasias mensukseskan acara peringatan hari tari sedunia tahun ini.

Dikatakan Natalia, KSBN sendiri berkomitmen penuh walau dengan kemampuan yang juga terbatas untuk mendorong kemajuan di bidang kebudayaan salah satunya adalah seni tari.

“Semoga kedepannya seluruh potensi yang ada di Kalteng semakin maju dan semakin berjaya,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: