Dorong Pemdes Mandiri di Seruyan

FOTO : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo.

BERITAKALTENG.com – KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) untuk bisa melakukan upaya-upaya maksimal dalam mewujudkan kemandirian desa.

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan bahwa, untuk mewujudkan kemandirian desa yang ada Bumi Gawi Hatantiring tentunya hal itu juga bisa dilakukan dengan manfaatkan potensi-potensi yang ada di desa-desa agar menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Dengan begitu tentunya juga sebagai upaya untuk meningkatkan realisasi PADes, karena hal tersebut bisa membantu dalam rangka melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” katanya.

Menurut dia, dengan adanya kemandirian dari desa, tentu hal tersebut akan mengurangi beban dari pemerintah kabupaten (Pemkab) sehingga anggaran-anggaran tersebut bisa dipergunakan untuk program pembangunan lainnya.

“Kalau desanya sudah bisa mandiri tentu itu akan meringankan daerah, sehingga anggaran itu bisa digunakan untuk yang lain. Makanya desa harus bisa memanfaatkan potensi wilayahnya masing-masing agar menjadi sumber peningkatan PADes,” tandasnya. (tri/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: