Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM-UPR Gelar Pameran Olahan Pangan Lokal

FOTO : Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc ketika diwawancarai sejumlah awak media, Sabtu (18/12/2021)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, terkait hasil penelitian dan pengabdian dari kalangan civitas akademika Universitas Palangka Raya, baik itu mahasiswa maupun dosen.

Bertempat di halaman Aula Palangka UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya (LPPM-UPR) menggelar kegiatan pameran inovasi olahan pangan dan kerajinan lokal, Sabtu (18/12/2021) siang.

Ketua LPPM-UPR Dr. Ir. Aswin Usup, MSc menyampaikan kalangan civitas akademika, baik itu mahasiswa maupun dosen UPR, memiliki tugas untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat

“kegiatan pameran ini merupakan hasil inovasi olahan pangan dan kerajinan lokal, dari pengabdian mahasiswa dan dosen UPR kepada masyarakat. Dalam pameran kali ini, mahasiswa maupun dosen memarken sejumlah hasil karya inovasi olahan pangan dan kerajinan lokal yang bersumber dari bahan lokal,” kata Dr. Ir. Aswin Usup.

FOTO : Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE, MSi beserta sejumlah jajaran pimpinan rektorat ketika mengunjungi kegiatan pameran yang dilaksanakan LPPM-UPR.

Dirinya berharap, hasil olahan pangan dan kerajinan lokal, kedepanya dapat menjadi suatu ciri khas dari suatu daerah di Kalimantan Tengah.

Mahasiswa maupun dosen juga memiliki peranan penting untuk mendukung terciptanya ketahanan pangan di masyarakat. Yakni, melalui sejumlah penelitian dan inovasi terhadap segala potensi sumber daya pangan yang secara mudah bisa ditemui di tengah-tengah masyarakat, untuk selanjutnya dijadikan sebagai olahan pangan ataupun kerajinan lokal.

“Sesuai dengan program dari Kemendikbudikti yakni ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka’. pendidikan tinggi tidak hanya dibekali ilmu pengetahuan saja, tapi melainkan juga keterampilan dalam berwirausaha,”

Dirinya juga berharap kegiatan pameran inovasi olahan pangan dan kerajinan lokal yang hanya dilaksanakan selama satu hari ini dibarapkan kedepanya dapat menjadi agenda tahunan di UPR.

Untuk diketahui, Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE, MSi beserta sejumlah jajaran pimpinan rektorat usai melaksanakan kegiatan Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Program Pascasarjana UPR periode Desember 2021 kepada 735 orang lulusan, secara langsung mengunjungi kegiatan Pameran Inovasi Olahan Pangan dan Kerajinan Lokal.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: