Apresiasi Pencanangan Lewu Pancasila

FOTO : Keluarga besar pemuda Pancasila Kabupaten Gunung Mas saat melaksanakan pertemuan, belum lama ini.

 

 

BERITAKALTENG.com – Kuala Kurun – Keluarga Besar Pemuda Pancasila Kabupaten Gunung Mas mengapresiasi langkah Polres Gunung Mas atas Pencanangan Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila di Desa Petak Bahandang, Kecamatan Kurun belum lama ini.

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Gunung Mas (MPC-PP GUMAS), Ruslan Herbet Aspar menyampaikan bahwa nilai-nilai Pancasila harus terpatri dalam diri kita karena dengan hal itu maka kekuatan kesatuan seluruh anak bangsa akan terikat secara kuat dan selalu bersama dalam segala perbedaan yang ada.

“Pancasila ini juga menjadi rumah kita untuk semua umat yang menjadi rumah Pancasila, Nilai Pancasila ini juga sangat melekat dengan filosofi Huma Betang bagi masyarakat Dayak karena sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, kebersamaan gotong royong dan selalu mengedepankan musyawarah mufakat dan sebagainya,” katanya Ruslan.

Terpisah Majelis Pertimbangan Organisasi Pemuda Pancasila Gunung Mas (MPO-PP GUMAS), Cornelis N. Anton mengatakan menjadi suatu kebanggaan bagi kami karena sudah melakukan Pencanangan Lewu Isen Mulang Anti Narkoba dan Lewu Pancasila di Desa Petak Bahandang oleh Polda Kalimantan Tengah melalui Polres Gunung Mas.

“Kita harapkan ke depan agar sinergitas ini menjadi kekuatan kita bersama untuk memajukan daerah Gunung Mas, anak-anak muda terus kita bina supaya mereka mampu memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Lewu Pancasila dan menjadi garda terdepan menolak dan melawan penyalahgunaan Narkoba,” kata Cornelis.

Ketua Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Gunung Mas (SAPMA-PP GUMAS), Andika Saputra menuturkan bahwa sebagai kader Pemuda Pancasila harus tetap siaga untuk menangkal setiap munculnya isu intoleransi.

“Lewu Pancasila yang digagas Polres Gumas merupakan salah satu cara menangkal intoleransi dan membumikan nilai-nilai Pancasila dimana terkandung nilai toleransi. Hal ini wajib bagi anak bangsa menjaga dan mengembangkannya sampai ke pelosok desa dan pentingnya menjaga Persatuan Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika,” tandas Andika.

Sekretaris SAPMA PP GUMAS, Mitra Tanjung menuturkan bahwa sebagai pemuda aset bangsa harus berani katakan tidak dan tolak penyalahgunaan Narkoba karena hal ini akan merusak generasi anak bangsa. Sebagai upaya yang dilakukan melalui SAPMA terus bergerak aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dan memberikan ruang kreatif bagi anak muda sebab anak-anak muda harus diberikan ruang untuk pengembangan diri dan mengimplementasikan potensi yang dimiliki dengan kegiatan-kegiatan positif berharap akan banyak anak muda yang terlibat supaya tidak terjerumus dalam kegiatan negatif penyalahgunaan narkoba.

Wakil Komandan Komando Inti (KOTI) Mahatidana Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kalimantan Tengah (MPW PP KALTENG), Bakti Yusuf Irwandi ketika berkunjung ke Gunung Mas menegaskan bahwa Pancasila menjadi harga mati di republik ini yang wajib dijaga, dirawat dan dikawal. Berbeda itu kekuatan dengan kebersamaan menghargai keragaman dan kemajemukan baik suku, agama dan ras dan antar golongan.

Lewu Pancasila yang telah di canangkan di Desa Petak Bahandang oleh Polres Gumas wajib dijaga agar membumi dan menjadi percontohan di desa lain.

“Karena hanya dengan Nilai Pancasila toleransi dapat terjaga dan menjadi kesatuan yang kuat dan mengakar yang dimulai dari desa, Lewu Pancasila untuk Indonesia Kuat,” tutup Bakti. (arl/arw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: