Wabup Bartim Hadiri Kegiatan Praktek Penyelenggaraan Jenasah Protokol Kesehatan

FOTO : Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh menghadiri acar kegiatan Praktek Penyelenggaraan Jenasah sesuai protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh mengucapkan, 

“Untuk mengikuti pembukaan praktek Pemulasaraan Jenasah sesuai dengan syariat Islam dan protokol kesehatan,” ucap Habib, Kamis (10/12/2020).

Selanjutnya, dijelaskan Habib, sesuai fatwa MUI no.14 tahun 2020 pengurus jenasah (tajhil jenasah) terpapar covid-19, terutama dalam memandikan dan mengkafani harus dilakukan sesuai protokol medis dan dilakukan oleh pihak yang berwenang dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat Islam.

Wabup menambahkan, untuk mensholatkan dan menguburkannya dilakukan sebagaimana biasa dengan tetap menjaga agar tidak terpapar covid-19, ujarnya.

“Saya selaku Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh memberikan apresiasi kepada BKPRMI Kabupaten Barito Timur, yang berinisiatif telah melaksanakan kegiatan Pemulasaraan Jenasah sesuai dengan syariat Islam dan protokol kesehatan,” ucap wabup.

Dirinya menjelaskan, bahwa pandemi covid-19 telah melanda di Indonesia sejak bulan Maret 2020, sampai dengan sekarang sudah 588 ribu lebih penduduk Indonesia yang tertular dan 484 ribu yang sembuh serta 18 ribu penduduk telah meninggal dunia.

“Covid-19 sangat menular sangat begitu cepat tak perduli anak-anak, orang tua, pemuda dan siapa saja yang tertular covid-19,” katanya.

Wabup berpesan, agar selalu mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan cara selalu memakai masker, jaga jarak, jangan bersalaman, serta menjaga kebersihan lingkungan disekitar, pinta wabup.

“Agar para perserta yang hadir, hendaknya diikuti dengan sebaik-baiknya supaya nanti kita mendapatkan ilmu yang diharapkan dapat diterapkan pada saat dibutuhkan,” pesan wabup.

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh berpesan, kepada para perserta untuk dapat mengikuti kegiatan dari awal. Hal yang kurang jelas untuk menanyakan langsung kepada narasumber baik dari Tamiang Layang maupun dari pemateri dari Amuntai.

“Selain itu, para perserta kegiatan. Saya mengimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan agar penularan virus covid-19 dapat ditekan,” pungkasnya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: