Jadi Lumbung Pangan Nasional, Legislator Provinsi Dorong Pemprov Kalteng Kembangkan Potensi Sektor Pertanian di Seluruh Daerah

FOTO: Anggota Komisi I DPRD Kalteng, H. Muhajirin.

 

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Telah ditetapkannya Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai lumbung pangan nasional, nampaknya mendapat dukungan dari semua pihak, tak terkecuali juga dari kalangan Legislator Provinsi Kalteng, H Muhajirin yang juga mendorong program strategis nasional tersebut.

Menurut H. Muhajirin mengatakan sekaligus mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, agar dapat mengoptimalkan potensi sektor pertanian di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai. 

“Pasalnya, untuk menjadi lumbung pangan baik bagi daerah maupun nasional, dapat diwujudkan apabila benar-benar dioptimalkan pembangunan pertaniannya, terlebih di seluruh daerah di Kalimantan Tengah,” Ucap H. Muhajirin, saat dibincangi awak media, Sabtu (28/11/2020).

Sambung H. Muhajirin mengatakan, saat ini kan ada dua kabupaten yang memiliki produksi padi serta sebagai lumbung padi bagi provinsi Kalteng, yakni Pulpis dan Kapuas. 

“Namun untuk memperkuat sektor tani lokal, hendaknya jangan mengandalkan dua daerah itu saja, tapi seluruh daerah yang ada di Kalteng,” Ujarnya.

Lebih lanjut Politisi dari Fraksi Demokrat ini mengatakan, Kalteng memiliki sejumlah daerah yang berpotensi dalam sektor pertanian, yakni Kabupaten Barito Utara (Barut) dan Murung Raya (Mura).

Namun dirinya mengakui, saat ini hasil padi di dua Kabupaten tersebut masih dinilai kurang dan memerlukan optimalisasi. Namun untuk itu dirinya mengharapkan pemerintah setempat untuk dapat memaksimalkan sektor pertanian di wilayah-wilayah yang masih punya peluang atau potensi.

“Tidak harus mendatangkan hasil padi dari Pulpis dan Kapuas saja, namun jadikanlah daerah-daerah berpotensi lainnya sebagai penghasil pangan juga untuk Bumi Tambun Bungai ini,” Tutupnya. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: