Reproduction Covid-19 Kota Palangka Raya Masih di Atas 1, Terus Jalankan Prokes

beritakalteng.com – PALANGKA RAYA – Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan, kasus angka konfirmasi positif covid-19 di Kota Palangka Raya hingga kini masih cenderung meningkat.

“Jadi jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan (Prokes), seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman,” ungkapnya, Jumat (20/11/2020).

Disebutkan Emi, hingga tanggal 19 November yang lalu, skor Rate of Transmision/Effective Reproduction Number (RT) Kota Palangka Raya berada pada angka 1,58. Dari skor RT 1,58 tersebut menunjukan masih terjadinya peningkatan penularan virus covid-19 di tengah-tengah masyarakat Kota Palangka Raya.

“Artinya, terjadi penularan virus covid -19 dari satu orang yang terinfeksi pada dua hingga tiga orang berikutnya,” terang Emi.

Sementara itu jelas dia, apabila skor RT kurang dari 1, maka artinya potensi menularkan pada orang lain sudah hampir tidak ada. Lalu jika skor RT sama dengan 1 maka endemis masih terjadi dalam kelompok masyarakat.

Atau dalam artian, suatj daerah dinyatakan atau disebut aman jika nilai RT di bawah 1 dalam periode 14 hari, batas atas bernilai di bawah 1 selama 14 hari, atau nol kasus baru dalam 14 hari.

Nah. untuk Kota Palangka Raya yang hingga kini masih tingginya angka penularan virus covid-19 maka kata Emi, Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya akan semakin menggiatkan peningkatan kedisiplinan penegakan prokes di masyarakat.

“Khususnya terus memaksimalkan penegakan Peraturan Wali Kota (Perwali) Palangka Raya Nomor 26 Tahun 2020,” tegasnya. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: