Poltisi PDI-Perjuangan Berharap agar Arah APBD Tahun 2021 Dapat Memperkuat Ketahan Pangan di Kalteng

FOTO :  Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Ir Lohing Simon, saat berada di ruang kerjanya.

 

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Idealnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kalteng Tahun 2021, harus difokuskan untuk program penguatan Ketahanan Pangan di wilayah Kalteng.

Hal ini, seperti disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon mengatakan bahwa APBD Kalteng tahun 2021, bisa lebih diarahkan pada penguatan ketahanan pangan di wilayah Kalteng.

“Hal ini sangat penting, karena kami melihat tidak lepas dari dampak Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Kalteng hingga saat ini. Jadi tidak hanya beras tapi juga jenis kebutuhan pangan lainnya” Ucap Lohing, Jumat (19/11/2020).

Dikatakannya pula, dampak pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini sangat besar terhadap sektor ekonomi masyarakat, utamanya masyarakat menengah kebawah.

“Untuk mengantisipasi hal terburuk atau kemungkinan terjadinya kerawanan pangan yang akan terjadi di masa mendatang. Maka sangat penting pemerintah dan masyarakat membangun ketahanan pangan, sejak dini,” ucap Legislator Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dirinya juga meyakini bahwa potensi lahan di Kalteng, yang ada saat ini, masih cukup memadai untuk dapat dikelola dan dioptimalkan dengan cara ditanami bahan makanan atau kebutuhan pokok oleh masyarakat.

“Minimal pemerintah daerah bisa membantu alat atau bibit untuk masyarakat sesuai dengan kemampuan daerah. Agar jangan sampai terjadi kerawanan pangan, minimal bisa dimanfatkan untuk kebutuhan lokal dan masyarakat itu sendiri,” Tutupnya. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: