Tanggapan Wabub Soal Pengajuan Nota Keuangan Dan Raperda APBD 2021

FOTO : Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh.

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh telah menyampaikan jawaban dari Kepala Daerah terhadap pemandangan umum fraksi pendukung dewan atas pengajuan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun anggaran 2021 nanti.

Telah disampaikan Lanjutan Rapat Paripurna XIII Masa Sidang I tahun Sidang 2020 yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur melalui rapat virtual.

Dari hasil jawaban selaku Kepala Daerah yang telah dibacakan oleh Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, mengatakan terimakasih atas saran, dan masukan dan sejumlah kritik terkait hasil pemandangan umum fraksi pendukung dewan terkait mengenai Nota Keuangan dan Raperda Tentang APBD Bartim di tahun anggaran 2021 nanti.

“Sangat berterimakasih atas dukungan, dan perhatian serta tanggapan fraksi Golkar terhadap penggalian sumber dana yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni khususnya pada sektor retribusi daerah,” ucap wabup, Kamis (19/11/2020).

Dikatakannya lebih dalam, bahwa dinamika kondisi ekonomi daerah baik itu tingkat pertumbuhan ekonomi, investasi, inflasi dan kondisi sosial daerah pada saat ini masih sangat dipengaruhi oleh penyebaran pandemi Covid-19 diseluruh Indonesia.

Hal ini tentu sangat sekali berpengaruh terhadap daya beli masyarakat kita, sehingga dapat menjadi perhatian kita bersama-sama untuk terus berusaha menumbuhkan harapan untuk keadaan yang lebih baik lagi di masa akan datang.

“Terkait dari hasil pertanyan demi pertanyaan terhad PAD, dapat dijelaskan bahwa kecilnya peroleh PAD kita ini sangat mempengaruhi oleh dampak dari pendemi covid-19,” kata wabup.

Dari pemerintah daerah sangat menyambut baik saran,kritik dan dari beberapa fraksi, yang selalu mengingatkan supaya tidak tergantungan terhadap sumber pendapatan yang berasal dari Dana Transfer Keuangan Daerah dan Dana Desa atau juga (TKDD) ujarnya.

“Kami telah sepakat kebijakan belanja daerah pada APBD tahun Anggaran 2021 untuk efisiensi penggunaan dan berfokus pada peningkatan perekonomian masyarakat, melalui program kegiatan yang lebih prioritas dan lebih produktif harus benar-benar tepat sasaran pada masyarakat yang terdampak covid-19,” kata dia.

Ditambahkannya, terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Pemerintah Pusat akan menjadi masukan yang baik bagi kami, agar menggali sumber-sumber pendanaan baru melalui pembiayaan untuk penuntasan pemulihan ekonomi masyarakat, sosial dan juga kesehatan.

Untuk yang akan datang kami juga memperhatikan kualitas layanan publik dan kinerja ASN, penataan infrastruktur serta Transparansi pengelolaan keuangan daerah, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Bartim dengan memgutamakan kegiatan skala prioritas dan pemenuhan standar pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas dan merata, ujar wabup.

Sedikit menambahkan lagi, kami sangat sepakat pada apa yang menjadi usulan masukan dari Fraksi Pendukung Dewan dimana perencanaan pembangunan infrastruktur yang telah dicanangkan kedepan agar dapat dilaksanakan semaksimal mungkin dan berjalan tepat waktu.

Lanjut dikatakan Habib, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan sesuai dengan visi misi daerah Barito Timur yakni.

“Terwujudnya Barito Timur Sehat, Cerdas, dan Sejahtera melalui Pemerintah yang Amanah,” tutup Wabup.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: