Lepas 91.500 Bibit Ikan di Danau Hanjalutung


beritakalteng.com – PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada Kamis (19/11/2020) melakukan pelepas liaran bibit ikan ke Danau Hanjalutung Kelurahan Petuk Ketimpun Kota Palangka Raya.

Dalam kegiatan itu Fairid didamping Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi, melepas liarkan sebanyak 91.500 bibit ikan yang terdiri dari bibit ikan Jelawat 50.000 ekor, Papuyu 30.000 ekor dan bibit ikan kelabau sebanyak 11.500 ekor.

Dalam kegiatan tersebut Fairid mengatakan,pelepas liaran bibit ikan, adalah salah satu upaya dari Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dalam menjaga populasi ikan di wilayah perairan setempat. Bahkan sebelumnya kata dia, hal serupa sudah dilakukan di kawasan sungai Kecamatan Sabangau.

“Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan rutin yang kami lakukan di tahun 2019 lalu. Inilah merupakan salah satu upaya terbaik kami dalam menjaga populasi ikan,” ucapnya kepada awak media.

Menurutnya potensi budi daya perikanan di wilayah ibukota ProvinsI Kalteng itu sangat besar, karena memiliki luas perairan seluas 515,8 kilometer, terdiri dari luas sungai 100,09 kilometer. Rawa seluas 400,03 kilometer dan danau seluas 13,63 kilometer.

Selain itu, wilayahnya juga memiliki tiga muara sungai, yaitu Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan Sungai Sabangau.

“Wilayah Kota Palangka Raya juga memiliki 103 danau yang tersebar di lima kecamatan dan 30 kelurahan,” sebutnya.

Fairid berharap, dengan adanya kegiatan pelepas liaran bibit ikan tersebut, setidaknyabbisa membantu menambah, menjaga dan melestariakan populasi ikan di perairan Kota Palangka Raya. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: