Polres Barsel Laksanakan Penyemprotan Desinfektan dan Foging

Foto : Gunakan puluhan unit watercanon dan sarana lainnya, aparat gabungan Polres Barsel, TNI, BPBD, Dinkes dan Satpol PP dan Damkar Barsel, laksanakan penyemprotan desinfektan di ruas jalan sepanjang Kota Buntok, Selasa (31/3/2020).

Beritakalteng.com, BUNTOK – Guna mencegah meluasnya penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) dan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Barito Selatan, jajaran Kepolisian Resor (Polres) laksanakan penyemprotan cairan desinfektan dan foging di ruas jalan dan pemukiman di Kota Buntok, Selasa (31/3/2020).

Diterangkan oleh Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, SIK, kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri, di semua wilayah di Indonesia guna pencegahan dan menekan meluasnya wabah penyakit yang disebabkan oleh Sars Cov 2 itu.

Karena sebagaimana diketahui bersama, Kalimantan Tengah adalah salah satu daerah yang masuk zona merah dan menduduki urutan ke 12 dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kegiatan hari ini serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia atas perintah Kapolri untuk melaksanakan penyemprotan secara masif, guna mencegah meluasnya wabah Covid-19 terutama di Barsel,” terangnya kepada awak media, seusai memberikan pengarahan kepada anggotanya.

Dijelaskan oleh perwira berpangkat dua melati itu, penyemprotan desinfektan secara masif dinilai merupakan salah satu upaya yang paling efektif menekan meluasnya wabah virus yang pertama kali merebak di Provinai Wuhan, Tiongkok itu.

Kegiatan yang dibuka sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di Halaman Makopolres Barsel di Jalan Tugu No.14 Buntok itu, juga melibatkan kodim 1012 Buntok, para relawan dari Palangka Raya, Satpol PP dan Damkar, BPBD Barsel, Dinas Kesehatan juga pemerintah kabupaten setempat.

Untuk memastikan agar semua ruas jalan di Kota berjuluk Bumi Batuah tersebut tersiram secara merata, aparat gabungan mengerahkan sejumlah besar unit mobil watercanon, mobil damkar dan watertank milik relawan dari Palangka Raya dan sarana lainnya.

“Selain ruas jalan, kita juga akan melakukan penyemprotan di beberapa fasilitas olah raga seperti gedung futsal, gedung bulutangkis, dan fasilitas umum yang lainnya,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kasubdit Tipidkor Polda Kalteng itu.

Dilanjutkan Devy, karena cuaca sudah mulai masuk musim penghujan dan beberapa wilayah di Barsel saat ini tengah mengalami banjir, yang berpotensi menimbulkan wabah demam berdarah dan cikunguya.

Untuk itu, selain melakukan penyemprotan desinfektan, pihaknya juga melaksanakan foging di kota Buntok, terutama di daerah pemukiman-pemukiman padat penduduk.

“Sebab Barsel juga dikenal merupakan daerah endemis demam berdarah dan setiap tahun masih terjadi kasus kesakitan akibat DBD ini, maka pencegahan dengan foging adalah hal yang sangat diharapkan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kabagops Polres Barsel, Kompol M. Fadholin, foging akan dilakukan di beberapa titik yang dinilai cukup rawan menjadi tempat perkembang biakan dan penyebaran nyamuk.

“Kita melakukan foging di beberapa titik seperti gedung sekolah dan perkantoran yang kebetulan sedang diliburkan, hari ini kita juga akan foging bersamaan dengan kegiatan penyemprotan desinfektan.” rincinya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: