Hasil Musrenbang Diselaraskan Dengan RKPD Kota

Foto : Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin ketika menghadiri kegiatan di Kecamatan Rakumpit. 

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Sebanyak 30 kelurahan se- Kota Palangka Raya telah melaksanakan musrenbang. Semuanya telah menghasilkan usulan prioritas yang selanjutnya dibawa pada musrenbang tingkat kecamatan. Terlepas dari itu, mekanisme musrenbang ditahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Ungkapan tersebut menjadi salah satu point yang disampaikan Walikota Palangka Fairid Naparin, saat membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Rakumpit Tahun 2020, Senin (24/2).

Fairid menjelaskan, yang membedakan musrenbang tahun ini, yakni setiap usulan mulai dari tingkat kelurahan, sudah diselaraskan dengan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), serta sudah diinput ke dalam aplikasi sistem informasi perencanaan pembangunan Kota Palangka Raya atau e-Planning.

“Usulan musrenbang kelurahan diberikan nilai oleh perangkat daerah dan pihak kelurahan, sehingga skala prioritas usulan berdasarkan nilai tertinggie nilai terendah,” jelasnya.

Hasil musrenbang tingkat kecamatan ini akan dilanjutkan pada forum perangkat daerah dan dikomplikasikan dengan pokok pikiran DPRD Palangka Raya.

“Setelah itu dilanjutkan dengan musrenbang rencana kerja pemerintah daerah Kota Palangka Raya,”terangnya.

Didapan peserta musrenbang yang memenuhi aula kantor Kecamatan Rakumpit itu, Fairid mengatakan, masyarakat dan pemerintah Kota Palangka Raya, patut bersyukur dimana pembangunan telah menunjukkan berbagai perubahan.

Capaian terebut kata dia ditunjukan dengan pertumbuhan ekonomi mencapai angka positif yakni sebesar 7,12 persen. Lalu indek pembangunan manusia (IPM) merupakan yang tertinggi di Kalteng serta persentase penduduk miskin terus mnenurun hingga 3,47 persen.

“Ini semua merupakan hasil, dari upaya pemerintah, baik pusat maupun daerah yang di dukung masyarakat,”tutup Fairid.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: